get app
inews
Aa Read Next : Dirugikan Kasus Dugaan Penggelembungan Suara, Caleg Golkar di Bekasi Sarim Saefudin Cari Keadilan

Viral Video Caleg Diduga Bagi-Bagi Uang di Masa Tenang, Ini Klarifikasinya

Selasa, 13 Februari 2024 | 13:45 WIB
header img
Viral caleg Golkar diduga bagi-bagi uang di masa tenang di Pondok Gede, Kota Bekasi. Foto/Istimewa
BEKASI, iNews.id- Video viral terkait dugaan pembagian uang kepada masyarakat oleh calon legislatif (caleg) DPR RI Ranny Fahd A dan caleg DPRD Kota Bekasi Faisal SE dari Partai Golkar dibantah tegas. 
 
Caleg DPRD Kota Bekasi sekaligus Ketua tim pemenangan Ranny Fahd A Rafiq, Faisal SE membantah, apabila pihaknya melakukan bagi-bagi uang kepada masyarakat jelang hari pemungutan suara di Pemilu 2024.
 
"Saya dengan tegas menyatakan, tidak pernah menyuruh membagi-bagikan uang untuk masyarakat dalam bentuk apapun. Itu suatu fitnah," ucap Faisal kepada wartawan, Selasa (13/02/24).
 
Faisal menegaskan, sebagai peserta pemilu, pihaknya selalu taat pada aturan hukum dan tidak pernah terlibat dalam praktik politik uang. 
 
"Kita ini paham dan taat aturan pemilu. Jadi gak mungkin tim kami bagi-bagi uang. Itu sama aja suatu tindakan bodoh," tegasnya.
 
Faisal mengimbau, kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan berita yang belum terkonfirmasi kebenaran menjelang pemilu 2024. Dirinya juga yakin masyarakat sudah cerdas mana berita bohong atau fitnah.
 
"Kita berkomitmen untuk menjaga integritas dan etika dalam proses demokrasi. Saya yakin masyarakat semakin cerdas bisa menentukan mana calon wakilnya untuk kemajuan Kota Bekasi," ujarnya.
 
Sebelumnya, beredar video bagi-bagi uang kepada sejumlah masyarakat yang berada di Kecamatan Pondok Gede. Adapun dari video itu tertangkap gambar dua caleg asal Partai Golkar, yakni Ranny Fahd A Rafiq yang merupakan caleg DPR RI dan caleg DPRD Kota Bekasi yakni Faisal.
 
Diketahui, bagi-bagi uang ke masyarakat di wilayah Pondok Gede dilakukan di Kelurahan Jatimakmur, Jatiwaringin dan Jaticempaka. Masyarakat yang berada di Kecamatan Pondok Gede itu menerima uang di masa tenang kampanye dengan jumlah berbeda-beda. Mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu.
 
Salah satu penerima uang tersebut, menerangkan, secara tiba-tiba ada yang mendatangi rumah yang mengakunya dari tim sukses Ranny dan juga Faisal.
 
"Dari rombongan Golkar, dari tim nya Ranny dan juga Faisal, cuma banyak, ada tujuh orang," ucap dia saat ditemui, Senin 12 Februari 2024.
 
Dia menerangkan, pada saat para timses memberikan sejumlah uang kepada para masyarakat mengarahkan untuk memilih dua caleg tersebut.
 
"Dijelasin untuk mencoblos Ranny dan juga Faisal untuk pada saat pencoblosan," tegas dia.
 
Dirinya mengatakan, ada arahan untuk melakukan pencoblosan caleg atas nama Ranny Fahd A Rafiq dan juga Faisal yang merupakan Caleg DPRD Kota Bekasi.
 
"Minta di coblos doang dua orang itu, udah gitu aja tadi bilangnya," tutup dia.
 

Editor : M Hary Fauzan

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut