get app
inews
Aa Read Next : Aksi Heroik Warga Pondok Gede Bekasi Kepung dan Tangkap Maling Motor Berpistol

Selamat Hari Pers Nasional 2022, Begini Perjalanan Sejarahnya

Rabu, 09 Februari 2022 | 10:33 WIB
header img
Ilustrasi pers (Foto: Dok Okezone)

Hal tersebut bukan hanya sekadar melindungi kepentingan pers nasional dalam menghadapi dominasi media baru, namun juga untuk menjaga ekosistem media agar dapat dinikmati secara berimbang. 

“Saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2022 kepada seluruh insan pers Indonesia. Selamat berdiskusi dan semoga konvensi ini dapat membuahkan masukan komprehensif, utamanya dalam membangun kedaulatan nasional di bidang teknologi informasi dan digitalisasi media,” ujar Maruf Amin.

Sementara Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan bila ingin terus berkelanjutan menjadi pilihan publik yang terpercaya, pers tidak seharusnya menerapkan praktik jurnalisme yang menggampangkan proses dan menurunkan kualitas. 

Seperti mulai dari menulis tanpa konfirmasi, menulis secara sepihak atau tidak cover both sides, memberi pemaknaan keliru pada sebuah peristiwa, memilih narasumber yang tidak kredibel, hingga praktik clickbait dengan membuat judul-judul berita yang menggoda namun melencengkan maknanya.

“Tindakan seperti ini adalah praktek yang perlahan tapi pasti menggerus tingkat kepercayaan publik terhadap media, yang sejatinya menjauhkan upaya kita semua untuk membangun model media massa berkelanjutan,” ujarnya.

Rangkaian acara peringatan HPN 2022 sendiri digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan bakal memberikan sambutan pada acara puncak hari ini.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut