get app
inews
Aa Read Next : Perkuat Komitmen Keberlanjutan Lingkungan, P&G Indonesia Kolaborasi dengan Rekosistem

Ratusan Lansia Ikuti Kuliah Umum di UI Belajar Kesehatan Gigi dan Mulut

Kamis, 29 Februari 2024 | 20:17 WIB
header img
Ratusan Lansia dari Sekolah Lanjut Usia Fatmawati, Jakarta mengikuti kuliah umum di Universitas Indonesia. FOTO/ R RATNA PURNAMA

BEKASI, iNewsBekasi.id- Universitas Indonesia (UI) bersama Sekolah Lanjut Usia (Lansia) Fatmawati menggelar kuliah umum dan pemeriksaan kesehatan. Walau usia sudah tidak lagi muda, namun mereka memiliki semangat yang besar untuk mengikuti kuliah umum yang membahas kesehatan gigi dan mulut serta mata. 

Selain itu juga dihadikan narasumber dari Fakultas Psikologi yaitu Dharmayanti Utoyo Lubis.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI, Nia Ayu Ismaniati mengatakan, kegiatan ini digelar hasil kerja sama Direktorat Program Pengabdian Masyarakat (DPPM) dengan empat fakultas di UI. Yaitu Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Departemen Periodonsia dan Prostodonsia FKG, Fakultas Kedokteran (FK), dan Fakultas Psikologi. 

Targetnya adalah para lansia yang ada di Jakarta dengan tujuan menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

“Target utama lansia di atas 65 tahun. Mereka hadir di UI dan mendapat edukasi mengenai kesehatan gigi dan mata. Mereka disini menjalani pemeriksaan dan bisa langsung berkonsultasi. Para lansia ini kan juga perlu kita bantu dalam hal perawatan kesehatan karena beberapa fungsi organ seperti giginya sudah mengalami penurunan. Sehingga mereka memerlukan edukasi agar bisa merawat kesehatan gigi dan mulut,” kata Nia di FIB UI, Depok, Kamis (29/2/2024).

Selain kuliah umum, ratusan lansia itu juga menjalani pemeriksaan kesehatan gigi mulut dan mata. Dari hasil konsultasi, jika diperlukan tindak lanjut maka mereka bisa melakukan pemeriksaan lanjutan.

Di sini, para lansia juga diajarkan untuk melatih kesehatan gigi mulut dengan senam rongga mulut. Tujuannya untuk menjaga cadangan air liur lansia agar tetap stabil dan tidak terjadi gangguan penelanan. 

Karena di banyak lansia hampir terjadi penurunan produksi air liur yang berdampak pada gangguan penelanan.

“Senam rongga mulut ini diperlukan untuk lansia agar otot wajah menjadi bugar, air liur banyak karena di lansia itu air liur berkurang sehingga gampang infeksi rongga mulut,” kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI dari Departemen Prostodonsia, Lindawati.

Senam rongga mulut ini terdiri dari empat bagian. Yaitu senam untuk otot wajah, senam lidah, senam stimulasi air liur dan senam gangguan penelanan. Idealnya senam ini dilakukan dua kali setiap hari di pagi dan malam hari.

“Senam rongga mulut ini sudah disosialisasikan di kalangan lansia dan pasien gigi mulut FKG UI. Mereka yang rutin melakukan senam ini produksi air liurnya meningkat sehingga untuk pemasangan gigi tiruan menjadi lebih cekat, karena kalau air liur kurang itu sulit untuk cekat,” ujarnya.

Ketua Panitia Ari Prasetyo menuturkan, kegiatan ini diikuti ratusan lansia dari Sekolah Lansia Fatmawati. Dia berharap agar dengan kegiatan ini kesehatan para lansia menjadi lebih baik lagi.

Kepala Sekolah Lansia Fatmawati, Yus Rusamsi menambahkan, sangat terbantu dengan adanya kuliah umum ini. Para lansia menjadi lebih paham untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Sekolah Lansia Fatmawati kuliah di UI. Kami dapat pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut. Sebelumnya kami sudah kerja sama juga dan hari ini kami bisa kuliah di UI,” ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut