Logo Network
Network

Antisipasi Kecurangan dan Penyalahgunaan BBM Jelang Mudik, Polres Metro Bekasi Sidak ke SPBU

Ade Suhardi
.
Minggu, 31 Maret 2024 | 22:28 WIB
Antisipasi Kecurangan dan Penyalahgunaan BBM Jelang Mudik, Polres Metro Bekasi Sidak ke SPBU
Polres Metro Bekasi memeriksa sejumlah SPBU untuk mengantisipasi kecurangan jelang mudik Lebaran 2024. FOTO/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- Polres Metro Bekasi melakukan pengamanan dan pengecekan ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di sepanjang jalur Pantura Kabupaten Bekasi. Itu dilakukan, mengantisipasi terjadi kecurangan dalam penyaluran BBM menjelang musim mudik Lebaran 2024.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan, pengamanan dan pengecekan tersebut dilakukan secara menyeluruh di SPBU yang berada di Kqbupaten Bekasi, terutama pada SPBU yang berada di jalur mudik Lebaran. 

"Kegiatan ini, sebagai langkah pencegahan atau antisipasi kami terkait maraknya penyalahgunaan dan kecurangan yang terjadi akhir-akhir ini, dan itu terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia," ujar Twedi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/3/2024). 

Twedi mengungkapkan, pengamanan serta pengecekan, dilakukan mulai dari tangki-tangki penyimpanan bahan bakar hingga takaran yang ada pada dispenser. Sehingga pihaknya bisa memastikan tidak ada kecurangan dan penyalahgunaan dalam penyaluran bahan bakar bagi masyarakat yang nantinya akan melaksanakan mudik Lebaran. 

"Kami ingin memastikan tidak ada kecurangan dan penyalahgunaan di SPBU, apa lagi bagi masyarakat yang akan mudik sehingga tidak dirugikan," ungkapnya. 

Sementara, Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi AKBP Gogo Galesung menuturkan, beberapa tim dari Unit Kriminal khusus telah diterjunkan guna melakukan sidak langsung ke seluruh SPBU yang ada di Kabupaten Bekasi.

"Ya kami sudah turun langsung mengecek tangki penyimpanan, juga kadar kandungan BBM, hingga takaran dari dispenser BBM, dan kami juga berikan himbauan kepada mereka para pengelola SPBU agar memastikan tangki penyimpanan BBM tidak terkontaminasi oleh air saat hujan yang bisa saja menyebabkan tercampur nya air dengan BBM," tutur Gogo. 

Sementara itu, Kanit Krimsus Polres Metro Bekasi AKP Muhammad Said Hasan menambahkan, dari kegiatan sidak yang dilakukan pihaknya tidak menemukan adanya penyalahgunaan dan kecurangan pada SPBU.

Hanya saja, lanjut Said, pihaknya memberikan peringatan kepada pengelola SPBU untuk memperketat pengawasan dan pengamanan terhadap pasokan BBM jelang arus mudik yang diprediksi terjadi pada pekan depan. 

"Ada sejumlah SPBU di jalur pantura Kabupaten Bekasi menjadi sentra pengisian BBM bagi masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran, sehingga untuk pengamanan dan pengawasannya Polres Metro Bekasi akan melakukan pengecekan rutin dalam mengantisipasi kecurangan dan penyalahgunaan dalam penyaluran BBM," pungkasnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Bagikan Artikel Ini