get app
inews
Aa Read Next : Politisi Golkar Nofel Saleh Hilabi Daftar Jadi Bakal Calon Wali Kota Bekasi Melalui PKB

Siap Maju di Pilkada Kota Bekasi, M2 Usung Konsep Trisakti Bung Karno

Senin, 06 Mei 2024 | 15:52 WIB
header img
M2 gagas konsep Trisakti Bung Karno untuk maju di Pilkada Kota Bekasi 2024 mendatang. Foto/istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- Saat ini Indonesia sedang menuju era Indonesia emas 2045. Untuk itu dibutuhkan upaya dan intervensi dalam mencari solusi dari setiap persoalan, serta akselerasi di setiap pelaksanaan kebijakan.

 

Dengan berbagai persoalan dan isu kebangsaan, politik, ekonomi, sosial dan budaya yang bergulir saat ini, sangat relevan jika menilik kembali ke pedoman Trisakti Bung Karno untuk menjawab seluruh tantangan tersebut.

 

Konsep Trisakti Bung Karno sendiri menyebut sebuah bangsa dikatakan merdeka dan berdaulat jika memiki tiga hal berikut, yakni Berdaulat dalam politik, Berdikari dalam bidang ekonomi, dan Berkepribadian dalam berkebudayaan.

 

Hal ini pula yang menjadi landasan bakal calon (balon) Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad (M2) untuk menggagas sejumlah program yang menjadi visi misinya di Pilkada 2024.

 

Dengan mengusung konsep Trisakti Bung Karno, pria yang akrab disapa M2 itu ingin membangkitkan kembali kemandirian bangsa di bidang ekonomi, politik dan budaya.

 

Eks Wali Kota Bekasi itu diketahui memiliki fokus utama mewujudkan Bekasi Mandiri dan Madani (Bekasi M2) melalui tiga program unggulan, yaitu pendidikan gratis, kesehatan gratis dan kemandirian ekonomi keluarga.

 

Adapun program tersebut meliputi, hibah ke koperasi RW Rp100 juta/tahun (Modal usaha 5juta/KK), Ambulans untuk klinik RW dan BPJS kesehatan gratis, honor RW Rp3 juta/bulan, honor RT Rp2 juta/bulan, honor kader Posyandu Rp500 ribu/ bulan.

 

Selanjutnya, honor DKM/marbot sebesar Rp 1juta/bulan, umroh gratis untuk pimpinan ponpes, DKM, Marbot, Majelis Taklim dan Holy Cities untuk umat Kristiani (Bertahap), bantuan lansia dan beasiswa yatim piatu, pelatihan tenaga kerja, pengentasan banjir dan perbaikan PDAM, hibah fasos-fasum untuk rumah ibadah (persetujuan DPRD) dan intensifikasi/ekstensifikasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

Saat ini PAD Kota Bekasi tercatat Rp 3,2 triliun. M2 menargetkan Rp 4,3 triliun untuk tahun pertama, dengan penambahan Rp 1 triliun per tahun.

 

"Target menaikkan PAD Rp 1 triliun setiap tahun," singkat M2, Senin (6/5/2024).

 

Dengan pengalamannya di legislatif dan eksekutif, M2 yakin dirinya mampu mewujudkan visi misinya melalui program yang digagas.

 

"Saya pertama menjadi anggota DPRD, wakil wali kota dan Wali Kota Bekasi. Saya berkeyakinan sekali bisa mewujudkan program tersebut," pungkasnya.

 

Editor : M Hary Fauzan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut