get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sahabat Nabi: Abu Darda, Terlalu Rajin Ibadah Sehingga Lupa Istri dan Benci Harta

Pengertian Al Khulafaur Rasyidin Serta Empat Sahabat Nabi yang Menyandangnya

Jum'at, 18 Februari 2022 | 08:09 WIB
header img
ustrasi pengertian Al Khulafaur Rasyidin. (Foto: Freepik)

PENGERTIAN Al Khulafaur Rasyidin adalah kekhalifahan yang berdiri usai wafatnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam. Khulafaur Rasyidin merupakan orang-orang yang ditunjuk jadi pengganti Nabi Muhammad untuk memimpin umat Islam yang mendapat petunjuk dari Allah Subhanahu Wata'ala.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Dahulu Bani Israil dipimpin oleh para nabi. Setiap kali seorang nabi wafat maka diganti oleh nabi yang lain. Dan sesungguhnya tidak ada nabi setelahku, yang ada adalah para khalifah, dan mereka makin banyak." (HR Bukhari Kitabul Anbiya, sahih)

Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib merupakan empat sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang meneruskan kepemimpinan dalam Khulafaur Rasyidin.

Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA menegaskan masa Khulafaur Rasyidin termasuk abad yang terbaik. "Di mana abad Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam hidup sampai meninggal kemudian diikuti dengan empat orang setelahya (Khulafaur Rasyidin)," ujarnya dalam tayangan di kanal YouTube Tafaqquh Fiddin.

Pada masa khalifah Khulafaur Rasyidin, empat sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tersebut memiliki sifat yang teladan yang mampu menyebarkan ajaran agama Allah Subhanahu wa ta'ala. Mereka mendapat petunjuk-Nya untuk terus memperoleh keberkahan.

Wallahu a'lam bishawab.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut