get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sahabat Nabi: Abu Darda, Terlalu Rajin Ibadah Sehingga Lupa Istri dan Benci Harta

Inilah Keutamaan Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Kisah Anjing yang Bisa Berbicara

Jum'at, 10 Juni 2022 | 06:00 WIB
header img
Sosok sahabat terkemuka, Abu Bakar Ash-Shiddiq (kanan) dijuluki Ash-Shiddiq karena orang pertama yang membenarkan dan beriman kepada Nabi Muhammad SAW. (Foto ilustrasi/tangkapan layar film Omar)

JAKARTA, iNews.id - Seperti yang kita ketahui, Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu adalah sahabat Nabi yang mempunyai banyak keutamaan. Selain termasuk orang pertama yang masuk Islam, beliau juga merupakan sahabat paling dicintai Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Salah satu keutamaannya adalah tidak mengalami hisab pada Hari Kiamat. Hal ini diceritakan dalam Kitab Al-Mawa'izh Al-'Usfuriyah karya Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu bahwa ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertemu dengan Malaikat Jibril 'alaihissalam. Lalu Rasulullah bertanya: "Apakah umatku akan mengalami hisab atau penghitungan amal?"

"Iya! Mereka akan mengalami hisab kecuali Abu Bakar radhiyallahu 'anhu, maka ia tidak akan mengalaminya. Kemudian dikatakan kepadanya: Hai Abu Bakar! Masuklah ke dalam surga. Ia menjawab: Aku tidak akan mau masuk ke dalam surga kecuali bersama dengan orang-orang yang mencintaiku di dunia," jawab Jibril.

Abu Bakar adalah manusia terbaik setelah Nabi Muhammad SAW dari golongan umat beliau. Ibnu Umar pernah berkata: "Kami pernah memilih orang terbaik di masa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Kami pun memilih Abu Bakar, setelah itu Umar bin Khattab, lalu 'Utsman bin Affan." (HR Al-Bukhari). Beliau juga orang paling pertama beriman kepada Rasulullah, menemani Rasulullah dan membenarkan perkataannya. Hal ini terus berlanjut selama Rasulullah tinggal di Mekkah, walaupun banyak gangguan yang datang. Abu Bakar juga menemani Rasulullah ketika hijrah.

Kisah Anjing yang Dapat Berbicara 

Kisah ini terjadi di masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Sebuah cerita dengan sanad bersambung kepada Anas bin Malik bahwa ia berkata: "Suatu hari kami sedang duduk di dekat Rasulullah, tiba-tiba ada seorang laki-laki dari golongan sahabat mendatangi dan menghadap Rasulullah dengan kondisi kedua betisnya berdarah.

"Apa yang telah terjadi dengan kedua betismu?" tanya Rasulullah. 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut