get app
inews
Aa Read Next : Perayaan Waisak di Pebayuran Bekasi, Polisi Siaga Lakukan Pengamanan

Peringati Hari Raya Trisuci Waisak, Siddharta The Musical Pentas di Jakarta

Sabtu, 25 Mei 2024 | 08:43 WIB
header img
Memperingati Hari Raya Waisak 2568 BE, Siddharta The Musical kembali tampil selama tiga hari mulai 24 hingga 26 Mei 2024 di Jakarta. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- Memperingati Hari Raya Trisuci Waisak 2568 BE, Siddharta The Musical kembali tampil selama tiga hari mulai 24 hingga 26 Mei 2024. Event ini digelar di Gedung Theatre JIEXPO Kemayoran.

Pada Jumat, 24 Mei 2024,  penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical di hari pertama sukses menghipnotis warga yang hadir. 

Penampilan hari pertama itu mengobati kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddharta The Musical akhirnya terobati, setelah pementasan pertama 17 tahun silam. 

Penggagas sekaligus Ketua Umum Panitia Acara Siddharta The Musical Sutina Irsan mengatakan, kehadiran Siddharta The Musical tahun 2024 ini merupakan penampilan kedua. 

Penampilan perdana Sidhharta The Musical di Indonesia digelar pada 2007 silam di JITEC, Mangga Dua, Jakarta. 
Sutina Irsan berharap pergelaran ini bisa menjadi ajang nonton bareng (nobar) bersama keluarga, kerabat dan handai tolan. 

"Ini merupakan pergelaran teater musikal yang berlatar belakang agama Buddha tapi menyampaikan nilai-nilai luhur yang universal," kata Sutina kepada awak media di JIEXPO Kemayoran, Jumat (24/5/24).

"Ini disajikan dalam format teater musikal ala Broadway bernuansa Asia yang sangat menghibur," tambahnya.

Siddhartha The Musical merupakan pentas seni yang mengisahkan kehidupan Siddhartha yang kemudian menjadi Buddha. 

Walau terlahir sebagai Pangeran dan dibesarkan dalam kemewahan istana, Siddhartha melepaskan semua itu untuk menemukan jalan yang dapat membebaskan umat manusia dari penderitaan seperti usia tua, sakit, dan mati.

Koordinator Pergelaran, Markus R.A. 'Kepra' Prasetyo menuturkan, Siddhartha The Musical tidak sekadar teater musikal ala Broadway yang bernuansa Asia. 

"Kisah Sidha utamanya sarat menyampaikan pesan dan nilai tentang menjalani pilihan hidup di jalan yang baik dan benar, menjauhi kesengsaraan serta mencari arti dari kebahagiaan yang hakiki. Kemasan kreatif tari dan nyanyi yang menawan akan membuat pesan dan nilai ini mengalir menyentuh nurani," beber Markus. 

Senada, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Buddha Kementerian Agama RI, Supriyadi yang sempat hadir menikmati acara ini menyampaikan harapannya. 

Dia berharap pertunjukan ini tidak hanya sekadar menjadi hiburan, tetapi juga memperkokoh keyakinan umat Buddha pada Sang Triratna dan membuat hidup semakin maju dengan meneladani Siddhartha dalam praktik Dhamma. 

"Pesan moral dari teater musikal ini juga sesuai dan selaras dengan program pemerintah yaitu moderasi beragama. Semoga pertunjukan ini bisa menggerakan dan menguatkan sikap untuk hidup lebih baik, lebih berarti serta pada akhirnya sanggup untuk mewujudkan kebahagiaan bagi semua mahluk dan alam semesta," ujarnya.

Teater musikal yang pernah meraih beberapa penghargaan ini dipersembahkan oleh para pemain yang sudah terlatih secara profesional. Mereka tampil secara Live singing dalam bahasa Mandarin (dengan subtitle bahasa Indonesia). 

Daya hipnotis dari penampilan para seniman panggung ini juga didukung oleh perpaduan musik klasik modern, dikemas dalam desain panggung yang megah, kostum menarik serta efek cahaya dan audio visual yang menawan dan memukau.

Teater ini dikreasikan dan diproduksi oleh Asia Musical Productions dari Malaysia, dengan Ho Lin Huay sebagai produser, penulis sekaligus sutradara, serta Imee Ooi sebagai penata musik. Imee Ooi sendiri adalah nama yang cukup dikenal di kalangan penggemar musik genre tertentu di Indonesia.
 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut