get app
inews
Aa Read Next : Viral! Gadis Cilik Jadi Penambal Ban hingga Larut Malam di Pinggiran Jakarta, Ini Faktanya!

Kembalikan Keseimbangan di Medsos, LG Luncurkan Kampanye Global Optimism Your Feed

Rabu, 29 Mei 2024 | 19:45 WIB
header img
LG Electronics (LG) hari ini meluncurkan kampanye global bertajuk “Optimism Your Feed”. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- LG Electronics (LG) hari ini meluncurkan kampanye global bertajuk “Optimism Your Feed” dalam rangka menyebarkan optimisme di media sosial. Dalam kampanye ini, LG mengajak para pengguna media sosial untuk lebih terlibat dalam mendorong konten positif dan inspiratif yang muncul pada homepage atau feed media sosial mereka.

Vice President and Head of LG’s Brand Management Division Kim Hyo-eun mengatakan, sebagai brand yang berfokus pada pelanggan, LG berkomitmen untuk mengembalikan rasa optimisme ke dalam hidup masyarakat melalui kegiatan positif, baik secara online maupun offline.

"Di era AI, LG tetap teguh pada janji kami untuk menciptakan kehidupan yang baik, sejalan dengan moto Life’s Good kami. Kami akan meningkatkan kehidupan pelanggan dengan menerapkan pendekatan yang manusia sentris serta menumbuhkan harapan yang lebih baik untuk masa depan," kata Kim dalam siaran tertulis yang diterima bekasi.inews.id pada Rabu (29/5/2024).  

Survei global terbaru yang dilakukan oleh LG menunjukkan media sosial kini tak hanya digunakan untuk mencari hiburan, informasi, dan terhubung dengan kerabat dan keluarga, tetapi juga menjadi sumber kecemasan banyak masyarakat.

Menurut survei tersebut, hampir separuh responden (45 persen) menyatakan jumlah konten negatif pada feed media sosial mereka sama dengan atau lebih banyak dibandingkan konten positif. 

Satu dari empat responden (28 persen) menyatakan bahwa konten negatif di media sosial mereka sering meningkatkan rasa kecemasan.

Satu dari lima (20 persen) responden bahkan menyebutkan bahwa konten negatif menimbulkan rasa tidak bahagia. Lebih lanjut, survei ini menunjukkan bahwa algoritme sering membawa netizen ke arus percakapan yang lebih negatif dan cenderung niche.

Survei global ini bertujuan untuk memahami cara kerja algoritme dan memicu perputaran konten positif di laman feed netizen.

Dari survei tersebut, LG kemudian menciptakan playlist 'Optimism Your Feed' yang terdiri dari konten original yang dapat ditonton masyarakat sehingga secara tidak langsung mengubah algoritme agar lebih mendorong konten yang lebih optimis ke dalam feed . 

Playlist 'Optimism Your Feed' ini merupakan bagian dari kampanye global Life’s Good LG yang diluncurkan tahun lalu untuk menginspirasi dan mendorong masyarakat menjalani hidup dengan sikap optimis.

Dalam kampanye ini, LG juga berkolaborasi dengan berbagai influencer TikTok internasional ternama seperti Tina Choi, Victoria Browne, Josh Harmon dan masih banyak lagi untuk membuat lebih dari 20 video pendek yang motivasional, menyenangkan, and menumbuhkan rasa senang.

Selain itu, LG berkonsultasi dengan berbagai pakar media sosial, salah satunya Profesor Casey Fiesler yang merupakan seorang information scientist dan technology ethicist dengan gelar PhD di bidang Human Centered Computing. 

Profesor Fiesler melakukan riset dan mengajar di bidang etika teknologi, kebijakan internet, dan komunitas online, serta menerbitkan buku mengenai social media content moderation dan recommender systems. 

Profesor Fiesler juga seorang content creator yang aktif mengedukasi masyarakat tentang berbagai topik tersebut.

Media sosial telah menjadi bagian penting dalam hidup masyarakat. Di dalamnya, ada algoritme yang dapat mengubah konten ataupun video yang kita lihat.

Playlist dan kampanye global LG bertujuan untuk memberikan kesempatan agar pengguna dapat mengonsumsi lebih banyak konten positif yang membangkitkan semangat. Dengan meningkatkan kesadaran untuk lebih selektif dalam konten diikuti, kita dapat mengembalikan optimisme, keseimbangan, dan kebahagiaan dalam kehidupan kita.

Profesor Casey Fiesler mengatakan, algoritme rekomendasi akan menentukan konten yang muncul pada homepage atau feed di media sosial kita. Algoritme ini dapat memprediksi berdasarkan jenis konten yang sudah kita tonton, yang kita berikan likes, atau comments sebelumnya. 

"Oleh karena itu, algoritme ini pun dapat membawa kita ke dalam rabbit hole, yaitu situasi dimana kita terjerat dengan topik tertentu. Hal ini bisa berdampak baik ataupun buruk, tergantung pada topiknya," ujarnya. 

Namun, berdasarkan studi, lanjut dia, pengguna media sosial dapat masuk ke lubang negatif dan menemukan konten berbahaya saat berselancar di dunia maya apabila ini tidak dikontrol. 

"Salah satu lini pertahanan pertama adalah meningkatkan literasi digital kita dan memahami cara kerja algoritme di media sosial," tuturnya. 

Para pengguna media sosial pun dapat berkontribusi dengan berinteraksi dengan konten yang optimis, seperti memberikan likes atau comments.

"Hal ini akan mengubah algoritmenya sehingga ia akan memberikan rekomendasi konten yang lebih positif ke depannya," sambungnya. 

Victoria Browne, seorang influencer global asal Inggris dan pembicara TEDx Talk, mengatakan, algoritme ini dapat mempengaruhi konten yang kita lihat saat berselancar di media sosial. 

"Apabila konten yang ditampilkan cenderung negatif, tentunya akan berdampak pada kesehatan mental kita. Oleh karena itu, saya antusias menjadi bagian dari kampanye Optimism Your Feed," urainya. 

Dia  berharap banyak orang yang menonton konten dalam playlist “Optimism Your Feed” sehingga secara tidak langsung mengubah algoritme media sosialnya dan menciptakan rasa positif dalam kehidupan. 

Tanpa disadari kesehatan mental dapat dipengaruhi oleh banyak hal yang tak kasat mata. Dengan kampanye ini, pihaknya  juga mendorong masyarakat untuk kembali terhubung dengan kerabat tercinta dan saling membantu satu sama lain.

"Kita harus mengubah algoritme ini agar selalu merekomendasikan konten yang membuat kita merasa lebih akrab, bukan malah berjauhan,” ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut