get app
inews
Aa Read Next : Isu Buruknya Koordinasi Polri-Kejagung dan KPK, Sahroni: Sebaiknya Lembaga Ini Sering Ngopi Bareng

Jelang HUT RI di IKN Bandara Sepinggan Diperketat, Sahroni Yakin BNPT Mampu Jaga Stabilitas Keamanan

Jum'at, 21 Juni 2024 | 09:43 WIB
header img
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- Komisi III DPR RI menyoroti pengetatan sistem pengamanan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur menjelang peringatan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN). Komisi III DPR mendukung penuh langkah yang dilakukan Badan Nasional Penanggulanhan Terorisme (BNPT). 

Sebelumnya Kasubdit Pengamanan Objek Vital dan Transportasi BNPT Kolonel Cpl Sigit Karyadi mengatakan, sistem pengamanan diperkuat lantaran Bandara Sepinggan merupakan salah satu akses menuju IKN di Penajam Paser Utara.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mendukung penuh langkah mitigasi yang dilakukan oleh BNPT. Sebab, peringatan HUT RI merupakan momentum penting bagi bangsa Indonesia, sehingga tidak boleh ada kesalahan sedikitpun.

“Aspek keamanan ini penting sekali, jangan sampai kecolongan. Dan BNPT memainkan peran strategis dalam memastikan itu. Karena kita tidak pernah tahu ancaman itu bisa datang dari mana saja. Jadi langkah mitigasi yang dilakukan oleh BNPT ini sudah tepat. Pastikan zero accident sejak proses persiapan, hingga hari peringatan HUT RI. Sebab ini momentum paling sakral bagi bangsa kita,” kata Sahroni yang dikutip Jumat (21/6/2024).

Sahroni menuturkan, rencana peringatan HUT RI di IKN merupakan hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Sehingga, proses persiapan dari aspek pengamanan harus lebih ekstra dan teliti.

“Karena peringatan 17 Agustus di IKN ini kan perdana, jadi merupakan sejarah baru buat Indonesia. Tidak seperti di Jakarta yang seluk beluk pengamanannya sudah aparat hafal. Maka harus ekstra jeli dan ketat. Lebih baik repot di awal ketimbang kecolongan di hari pelaksanaan. Baik itu di bandara, hingga radius sekitar IKN,” ujarnya.

Sahroni yakin BNPT bersama aparat terkait lainnya sudah memiliki standar yang tinggi dalam melaksanakan pengamanan acara-acara penting kebangsaan.

“Tetapi saya yakin BNPT dan para pihak terkait pastinya telah melakukan upaya-upaya maksimal secara senyap. Keamanan pasti terjamin,” ucap Sahroni.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut