get app
inews
Aa Read Next : Berbagi di Bulan Ramadhan, PT Semangat Putratama Bagikan Ratusan Paket Nasi dan Takjil

Jababeka Sambut Baik Penerapan Aturan Sertifikat Elektronik

Minggu, 30 Juni 2024 | 17:30 WIB
header img
Jababeka Residence menggelar acara Customer Day bertajuk “Mengenal Lebih Dekat Sertipikat Elektronik Untuk Properti Anda.” Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- PT Jababeka Tbk menyambut baik kebijakan pemerintah menerbitkan aturan pelaksanaan sertifikat tanah atau e-sertifikat. Dengan adanya aturan ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan penghuni maupun calon penghuni.

Head of Legal PT Graha Buana Cikarang Robin Riduan mengatakan, dalam upaya meningkatkan keamanan masyarakat, pemerintah melalui kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR/BPN) menerbitkan aturan pelaksanaan e-sertifikat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sertifikat Elektronik

Kota Jababeka di Cikarang yang merupakan salah satu proyek kota mandiri dari PT Jababeka Tbk pengembang terpercaya yang telah berkiprah selama lebih dari 35 tahun lamanya tentunya menyambut baik aturan ini.

“Memiliki hunian yang aman merupakan impian setiap masyarakat, tidak hanya menyediakan lingkungan nyaman tetapi juga legalitas aman merupakan komitmen yang selalu kami jaga selama ini. Kota Jababeka Cikarang termasuk kedalam wilayah yang dapat menerapkan sertipikat elektronik sehingga dengan adanya aturan ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan penghuni maupun calon penghuni,” kata Robin dalam siaran tertulis pada Minggu (30//6/2024).

Pada awal juni 2024, Pemkab Bekasi melakukan peluncuran sertifikat elektronik yang dilakukan Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi. Pada momentum kali ini Jababeka menjadi satu-satunya pengembang yang diundang untuk menerima sertifikat elektronik. 

Sertifikat elektronik bertujuan untuk mengurangi kendala dan kejahatan yang kerap kali terjadi saat masyarakat membeli rumah. Dilengkapi dengan QRcode masyarakat dapat dengan mudah melihat keabsahan informasi sehingga meningkatkan keamanan serta meminimalisir risiko terkait sertipikat palsu dan duplikasi, Selain itu dengan teknologi membantu mempercepat proses pembuatan sertifikat.
 
Sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat Kota Jababeka Cikarang mengenai sertifikat elektronik, Jababeka Residence menggelar acara Customer Day pada Kamis, 27 Juni 2024. Event ini “Mengenal Lebih Dekat Sertipikat Elektronik Untuk Properti Anda”, 

Adapun narasumber yang ikut ambil yakni, Kepala Seksi Penetapan dan Pendaftaran Hak Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi Riyanto S. Tosse, Arif Darmawan, Koordinator Substansi Umum dan Kepegawaian Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi, D. Irja Pratama Ketua 1 KSP Sahabat Mitra Sejati, dan Dini Hayati selaku notaris.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat kota Jababeka Cikarang dapat memahami bahwa transformasi ini membantu menjaga keamanan dokumen pertanahan masyarakat dari bencana seperti banjir, kehilangan, kerusakan, hingga kebakaran karena seluruh data telah tersimpan didalam database. 

Bagi masyarakat yang masih memegang sertifikat analog tak perlu khawatir karena secara substansi keduanya tidaklah berbeda. Namun, untuk meningkatkan keamanan masyarakat diimbau untuk beralih ke sertifikat elektronik. 

Sebagai salah satu objek vital nasional Indonesia kawasan ini sangat  mengutamakan keamanan setiap penghuninya terlebih kawasan ini tak hanya menjadi rumah bagi masyarakat lokal tetapi juga para ekspatriat.  

“Peralihan ini memberikan dampak positif bagi peningkatan keamanan legalitas dan kenyamanan para penghuni atau pun calon pembeli atas hak kepemilikan tanahnya, dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan memberikan stimulus untuk industri properti khususnya di Kota Jababeka Cikarang,” ujar Robin. 

Bukan hanya tingkat keamanan yang tinggi dan track record Jababeka sebagai pengembang terkemuka, Kota Jababeka di Cikarang juga didukung oleh kegiatan ekonomi dengan jangkauan global serta fasilitas pendidikan, kesehatan, hiburan, komersial kelas dunia sehingga para penghuni dapat melakukan seluruh aktivitas di dalam satu wilayah. 

“Dengan keamanan dan kualitas yang tinggi baik dari sisi legalitas maupun lingkungan serta fasilitas komplit yang terintegrasi tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sehingga masyarakat tak perlu ragu untuk berpindah dan memilih Kota Jababeka sebagai tempat berinvestasi, berbisnis atau tempat tinggal,” ucap Robin.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut