get app
inews
Aa Read Next : Penetapan Sita Eksekusi Salah Objek, Tanah dan Bangunan Bukan Milik PT Pollux

Hari Ini, Tol Cimanggis-Cibitung Akan Diresmikan Wapres Ma’ruf Amin

Selasa, 09 Juli 2024 | 09:09 WIB
header img
Ruas Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan diresmikan Wapres Ma’ruf Amin pada Selasa (9/7/2024).

BEKASI, iNewsBekasi.id- Ruas Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan diresmikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada Selasa (9/7/2024). Sebelum meresmikan ruas tol Cimanggis-Cibitung, Wapres akan terlebih dahulu meresmikan Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

“Benar hari ini, Wapres meresmikan Bendungan Cipanas dan Tol Cimanggis-Cibitung,” ungkap Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi  kepada awak media, Selasa (9/7/2024).

Masduki menuturkan, ambahkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga telah meminta Wapres untuk meresmikan bendungan raksasa ketiga di Indonesia itu dan Tol Cimanggis-Cibitung.

Sebagai informasi, Bendungan Cipanas merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan bendungan raksasa ketiga di Indonesia. Bendungan tersebut dibangun untuk berbagai tujuan, khususnya untuk meningkatkan perekonomian lokal di daerah tersebut.

Bendungan raksasa tersebut dibangun dengan menghabiskan anggaran sebanyak Rp2,06 triliun. Dana yang digunakan bersumber dari APBN. Bendungan Cipanas dibangun dengan daya tampung 250,81 juta m3. Proyek tersebut dibangun sejak November 2016 dan rampung pada Desember 2023.

Sementara itu, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang akan hari ini akan menjadi akses penghubung dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi, kemudian semakin menambah kapasitas jalan yang melintasi empat wilayah yaitu, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Setelah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung beroperasi penuh, nantinya akan tersambung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya yakni, Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, dan Cibitung-Cilincing. 

Selanjutnya setelah jaringan Jalan Tol JORR 2 seluruhnya terhubung akan semakin melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) I. 

Selain itu, Jalan Tol ini akan tersambung dengan Jalan Tol Trans Jawa ruas Jakarta-Cikampek serta menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas dari ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta atau mengarah ke wilayah Bogor.
 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut