get app
inews
Aa Read Next : Penetapan Sita Eksekusi Salah Objek, Tanah dan Bangunan Bukan Milik PT Pollux

Tol Cimanggis-Cibitung Senilai Rp4,5 Triliun Diresmikan, Pangkas Waktu Tempuh 2 Jam Jadi 30 Menit

Selasa, 09 Juli 2024 | 19:04 WIB
header img
Wapres Ma’ruf Amin meresmikan jalan Tol Cimanggis-Cibitung pada Selasa (9/7/2024). Foto/Binti Mufarida

BEKASI, iNewsBekasi.id- Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan jalan Tol Cimanggis-Cibitung pada Selasa (9/7/2024). Ruas tol yang dibangun senilai Rp4,5 triliun ini akan memangkas waktu perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung sekitar 30-45 menit.  

Peresmian Tol Cimanggis-Cibitung dilakukan di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.  “Keberadaan jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung menjadi 30-45 menit, dari sebelumnya 1-2 jam melalui jalan arteri,” ungkap Ma'ruf Amin. 

Ma'ruf Amin berharap agar konektivitas antarkawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dengan jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek.

Jalan Tol Cimanggis–Cibitung yang juga merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) ini, akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan ini yang nantinya akan menyumbang pembangunan ekonomi kawasan dan nasional. 

Menurutnya, total investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan tol ini mencapai Rp4,5 triliun. Ia pun bersyukur karena pembangunan tersebut akhirnya selesai usai dikerjakan dari tahun 2016 lalu.

“Jalan Tol Cimanggis–Cibitung ini memiliki panjang 26,18 kilometer, dengan total investasi sebesar Rp4,5 triliun ini merupakan bagian dari JORR 2 yang melengkapi jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Jabodetabek,” ujarnya.

Untuk itu, dia memberikan 3 langkah strategis dalam mendukung upaya tersebut. Pertama, pastikan keberadaan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

Kedua, Wapres menekankan pentingnya implementasi prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam pembangunan jalan tol. 

Ketiga, Wapres menggarisbawahi pentingnya prinsip keberlanjutan dalam pembangunan jalan tol. “Pembangunan jalan tol ini adalah awal dari pencapaian tujuan yang lebih besar lagi, yaitu kesejahteraan dan pemerataan pembangunan,” ucapnya. 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut