get app
inews
Aa Read Next : Selain IKN, Irwan Demokrat Yakini Komitmen Prabowo soal Pelestarian Lingkungan dan Budaya

Pembangunan Bandara VVIP di IKN Belum Rampung, Ini Skenario Penerbangan Jelang Upacara 17 Agustus

Selasa, 30 Juli 2024 | 09:23 WIB
header img
Pemerintah menyiapkan skenario kedatangan tamu-tamu negara yang akan terbang ke IKN untuk mengantisipasi molornya pembangunan Bandara VVIP. (Foto: BKIP Kemenhub)

BEKASI, iNewsBekasi.id- Pemerintah menyiapkan skenario kedatangan tamu-tamu negara yang akan terbang ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk kegiatan upacara HUT ke-79 RI. Saat ini proyek pembangunan Bandara VVIP di IKN terancam molor menjelang upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 mendatang. 

Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar tidak memaksakan mengejar target pembangunan bandara untuk digunakan pada 17 Agustus 2024 mendatang. 

“Beliau mengarahkan, jangan terlalu dipaksakan. Jadi, beliau arahannya tegas, jangan, semua tidak hanya bandara tapi semuanya jangan terlalu dipaksakan,” kata Basuki usai rapat internal bersama Presiden Jokowi di Kompleks Istana Garuda, IKN, Senin (29/7/2024).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, ada dua skenario yang dibuat untuk penerbangan tamu negara selain menggunakan bandara IKN. Nantinya penerbangan akan melalui Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, di Kota Balikpapan. 

“Untuk 17 Agustus kalau kita buat dua skenario, bisa di situ (IKN) tapi bisa juga di Balikpapan. Itu satu poin yang baik ya karena kita tidak akan melakukan sesuatu kegiatan konstruksi yang nantinya gagal konstruksi, itu secara profesional kita harus bertanggung jawabkan sebagai pemerintah,” katanya.

Dia menuturkan, dalam dua bulan terakhir terdapat kendala pembangunan runway bandara IKN, salah satunya akibat cuaca, sehingga terus dilakukan Operasi Modifikasi Cuaca (OMC).

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut