get app
inews
Aa Read Next : Diskusi Nusantara Maju, Dani Ramdan: Industri Manufaktur Sektor utama Perekonomian Kabupaten Bekasi

Mahasiswa FIK UI Gelar Edukasi PHBS dan Pelatihan Guru Berbasis Fun Learning di Muara Gembong Bekasi

Jum'at, 02 Agustus 2024 | 09:06 WIB
header img
Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) menggelar Pengabdian Masyarakat di SDN Pantai Harapan Jaya 03, Muara Gembong. Foto/Istimewa

BEKASI,iNewsBekasi.id- Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) yang tergabung dalam BEM FIK UI 2024 mengadakan serangkaian kegiatan edukasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pelatihan guru di SDN Pantai Harapan Jaya 03, Muara Gembong. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat FIK UI, sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia.

Kegiatan ini mengusung tema "Program Sehat Ceria" dan melibatkan metode fun learning untuk menyampaikan materi PHBS kepada guru dan siswa. 

"Guru memiliki peran penting dalam menciptakan suasana kelas yang hidup. Media pembelajaran kreatif seperti panggung boneka diharapkan dapat mendukung active learning di kelas," ungkap Ners Ana, Dosen Pendamping Lapangan Pengabdian Masyarakat FIK UI, Kamis (1/8/2024).

Metode fun learning ini memberikan wawasan baru bagi para guru dalam mengajarkan materi dengan cara yang menyenangkan, sehingga ilmu dapat lebih mudah diterima oleh siswa dan guruku merasa bahagia.

Salah satu guru, Ibu Robiah menyampaikan kegembiraannya dengan program Pengabdian Masyarakat FIK UI. "Semenjak kecil saya bercita-cita menjadi guru karena mengamalkan ilmu yang bermanfaat adalah pahala yang terus mengalir,” katanya.

Metode fun learning yang diterapkan oleh FIK UI di antaranya dengan  menampilkan demonstrasi terjadinya banjir dan kuman takut sabun. 

Dimana dalam mendemokan dengan cara menggunakan botol plastik bekas, kertas, dan sampah tidak terpakai untuk melakukan simulasi bagaimana sungai yang seharusnya bersih, bukan menjadi tempat pembuangan sampah dan terjadilah banjir.

Adapun terkait simulasi cuci tangan menggunakan sabun dilakukan demonstrasi kuman yang takut sabun dengan cara melakukan eksperimen ilmiah di mana terjadinya tegangan permukaan antara sabun yang dicelupkan dengan cotton bud, ke permukaan air yang sudah diberi bedak sebagai perumpamaan dari kuman.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan membuka mata para pelaku pendidikan bahwa edukasi dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan, “ ujar Ns. Indah Permata Sari salah satu tim Pengabdian Masyarakat FIK UI.

Kegiatan edukasi yang diberikan dengan interaktif ini berlangsung menyenangkan. Siswa-siswi SDN Pantai Harapan Jaya 03 juga menunjukkan antusiasme yang tinggi, terutama saat bermain ular tangga dan mengikuti kompetisi untuk menjadi pemenang.

Sebagai bagian dari keberlanjutan, siswa diberikan buku saku ceklist Activity Daily Living untuk membantu mereka menerapkan PHBS di sekolah selama tiga bulan ke depan. 

Opan, siswa kelas 4 mengaku sangat senang karena hari ini belajar tentang banjir, kuman takut sabun, bernyanyi lagu cuci tangan, dan bermain ular tangga."

Kegiatan ini yang dilaksanakan pada 22 Juli 2024 mendapat dukungan dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan inspirasi dalam mengedukasi siswa dengan cara yang menyenangkan.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut