get app
inews
Aa Read Next : Diskusi Nusantara Maju, Dani Ramdan: Industri Manufaktur Sektor utama Perekonomian Kabupaten Bekasi

3 Lembaga Survei Unggulkan Dani Ramdan di Pilkada Kabupaten Bekasi 2024

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 10:01 WIB
header img
Eks Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan unggul dalam survei yang dilakukan tiga lembaga survei. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- Nama eks Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan unggul dalam survei yang dilakukan sejumlah lembaga survei menjelang Pilkada Kabupaten Bekasi 2024. Elektabilitas Dani berada di atas para pesaingnya seperti Ade Kuswara Kunang, Rieke Diah Pitaloka, BN Holik, dan Marjuki. 

Hasil survei terbaru yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 22-27 Juli 2024 menunjukan elektabilitas dan popularitas Dani Ramdan makin meroket jika dibandingkan dengan hasil survei satu bulan lalu yang dilakukan Jaringan Survei Indonesia (JSI) dan Indobarometer yang melakukan survei 2 bulan lalu.

Hasil dari LSI pada simulasi top of mind calon, mayoritas pemilih belum menentukan pilihan. Hal itu ditunjukkan dari 56,7 persen responden menjawab tidak tahu/tidak jawab/rahasia.

Selanjutny, LSI melakukan simulasi semi terbuka dengan menyajikan 22, 12, 10 dan 8 nama nama calon Bupati yang beredar di masyarakat dan media. Dari 4 simulasi ini nama Dani Ramdan selalu berada diposisi paling banyak dipilih. 

Diikuti Ade Kuswara Kunang, Rieke Diah Pitaloka, Ahmad Marjuki, dan BN Holik.
Dani Ramdan juga tercatat masih bertahan di posisi puncak pada simulasi 6 nama. 

Dani Ramdan meraih 35,7 persen. Ade Kuswara Kunang 26,1 persen. Akhmad Marjuki 7,7 persen, Siti Qomariyah 7.0 persen, BN Holik 5,4 persen dan Budi Muhammad Mustafa 2,7 persen.

Selanjutnya LSI melakukan simulasi calon berpasangan yakni, Dani Ramdan dan Sarjan, S.H. 43,4 persen. Akhmad Marjuki dan Damin Sada 16,6 persen.
B.N. Holik Qodratullah dan Siti Qomariyah (SiQom) 16,6 persen, dan TT/TJ 23,5 Persen.

Dani Ramdan dan Siti Qomariyah (SiQom), 38,5 persen. Ade Kuswara Kunang dan Budi Muhammad Mustafa 28,2 persen. B.N. Holik Qodratullah dan Muhamad Rochadi, 9,1 persen. Akhmad Marjuki dan Damin Sada, 9,1 persen serta TT/TJ, 15,2 persen.

Survei dilakukan pada periode 22-27 Juli 2024. Adapun target populasi survei ini adalah WNI di Kabupaten Bekasi yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Survei ini melibatkan 400 responden dipilih melalui metode double sampling. Metode ini adalah pengambilan sampel secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan sebelumnya. Margin of error survei ini diperkirakan 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Sementara itu Direktur Strategi dan Pemenangan Jaringan Suara Indonesia (JSI) Popon Lingga Geni mengatakan,  JSI telah melakukan survei pada 13-17 Juni 2024 dengan jumlah responden 440 menggunakan Multistage Random Sampling.

Temuan di lapangan, menurut Popon, rata-rata tingkat pengenalan para calon masih berada di bawah 50% kecuali Rieke Diah Pitaloka (86,1%), Verrel Bramasta (68,6%) dan Obon Tobroni (50,2%). Sementara Dani Ramdan dikenal baru 44,8%.

Namun menariknya, sekali pun dikenal masih di bawah 50%, tingkat kesukaan Dani Ramdan paling tertinggi di antara para calon yaitu 91,8%, sementara Rieke 89,4%, Verrel 85,5%, Obon 86,9%. Sementara kesukaan calon lainnya seperti Akhmad Marzuki dan Ade Kuswara Kunang masih di bawah Dani Ramdan.

Lalu bagaimana tingkat keterpilihan?

Hasil temuan di lapangan kandidat dengan tingkat elektabilitas tertinggi adalah Rieke Diah pitaloka 18,4%, lalu disusul dani ramdan 12,0%, Obon Tobroni 9,8%, Damin Sada 9,1% , Ade Kuswara Kunang 8,9% dan Ahmad Marzuki 5,7%, sementara calon lainnya masih dibawah 5%.

Dalam kesimpulan Popon, hasil di atas menunjukkan bahwa potensi besar ada pada sosok Dani Ramdan, sekalipun tingkat pengenalan masih di bawah 50% namun memiliki tingkat kesukaan tertinggi diantara calon lainnya dan elektabilitas hanya beberapa persen di bawah Rieke Diah Pitaloka. 

Sementara itu Indo Barometer juga melakukan survei pada 17-21 Mei 2024.
Dari pertanyaan tertutup terhadap 8 nama calon Bupati, Dani Ramdan paling banyak dipilih (15.8%), disusul B. N.Holik Qodratullah (12%), kemudian Rieke Diah Pitaloka (Oneng) (11.3%), dan Ade Kuswara Oneng (8.3%). 

Nama lainnya (<4%). Pemilih yang menyatakan rahasia/belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab (44.3%).

Dari pertanyaan tertutup terhadap 5 nama calon Bupati, Dani Ramdan paling banyak dipilih (16%), disusul Rieke Diah Pitaloka (Oneng) (13.3%), kemudian B. N. Holik Qodratullah (11.8%), Ade Kuswara Kunang (8.8%), dan Akhmad Marjuki (3%). Pemilih yang menyatakan rahasia/belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab (47.3%).

Untuk pilihan pasangan Calon Bupati– Wakil Bupati dari 3 simulasi 3 pasangan calon Bupati–Wakil Bupati, pasangan Dani Ramdan–Ade Kuswara Kunang/B. N. Holik Qodratullah/Siti Qomariah dipilih antara (16.3% - 24%). 

Jika disimulasikan dengan pasangan B.N. Holik Qodratullah-Cucu Sugiarti/Faizal Hafan Farid (11.3-15%), pasangan Rieke Diah Pitaloka–Faizal Hafan Farid/Ade Kuswara Kunang (12-14.3%), dan pasangan Akhmad Marjuki–Siti Qomariah/Hartono (2,8- 5%).

Dari simulasi 3 pasangan calon Bupati– Wakil Bupati, pasangan Dani Ramdan–Hartono dipilih (12.3%) berimbang jika disimulasikan dengan pasangan Ade Kuswara Kunang–Cucu Sugiarti (12.3%), dan pasangan B.N. Holik Qodratullah–Siti Qomariah (11.5%).

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut