get app
inews
Aa Read Next : Hari Pertama, Server PPDB Online SMA/SMK Negeri Jabar Alami Gangguan Sejak Pagi

TM21 Journey to Glory Cerita Perjalanan Offroad di Subang-Purwakarta-Sumedang

Selasa, 20 Agustus 2024 | 19:12 WIB
header img
Trail Adventure Bandung Association (Trabas) kembali menghelat event bergengsi yakni Trabas Merdeka (TM) ke-21. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id– Trail Adventure Bandung Association (Trabas) kembali menghelat event bergengsi yakni Trabas Merdeka (TM). Event Trabas Merdeka ke-21 ini digelar di wilayah Palasari, Ciater, Subang, Jawa Barat pada 24-25 Agustus 2024. 

Trabas Merdeka ke-21 kali ini mengusung Thema Journey to Glory. Jurney to Glory ini menceritakan sebuah perjalanan offroader selama mengikuti kegiatan Trabas Merdeka 21. Termasuk juga menceritakan Trabas Merdeka dari waktu ke waktu.

Ketua Pelaksana Trabas Merdeka 21 Edwin Freddy mengatakan, event kali ini dikemas secara berbeda. Terutama sajian-sajian trek jalurnya. 

Selain sajian trek yang menantang, para offroader pun akan menikmati pemandangan yang epik selama perjalanan ketika melintasi tiga Kabupaten di wilayah Jawa Barat ini.

"Intinya Jorney to Glory ini menceritakan sebuah perjalan Trabas Merdeka yang akan melawati tiga Kabupaten di Jawa Barat. TM sekarang dikemas dengan cara yang berbeda. Ada perbedaan mulai dari komposisi jalurnya. Memang jalurnya full fun, tapi juga ada beberapa area jalur yang hard untuk para penghobi trail tentunya," kata Edwin dalam siaran tertulis, Selasa (20/8/2024).

Sajian-sajian julur yang berbeda ini, lanjut dia, bertujuan agar para offroader bisa memilih jalur yang menantang atau fun. Dengan demikian, bila para offroader ingin memiliki cerita dari kegiatan Trabas Merdeka 21 kali ini tentu mereka akan memilih jalur yang memiliki cerita. 

Semisal, kata Edwin, para offroader memilih jalur yang menantang, maka offroader akan memiliki cerita berbeda di event Trabas Merdeka kali ini.

"Pesertanya bisa memilih (jalur),karena jalur kali ini lebih keras seperti sajian enduro. Ada sungai dengan sajian bebatuan. Dan itu tentunya dengan tingkat kesulitan dari TM sebelumnya. Ditambah lagi, jalur yang dikemas masih perawan belum dilewati oleh komunitas trail lokal. Ada cerita dan cerita ini bisa diterjemahkan oleh offroader," kata dia.

Sementera, mengenai rute kemasan jalur kali ini mencapai 260 Kilometer. Hari pertama yakni Sabtu (24/8) trek yang harus dihabisi oleh offroader sepanjang 140 Km, dan hari kedua yakni Minggu (25/8) 120 Km. 

"Ini adalah ciri khas TM. Trek TM hari pertama 140 Km, start di Ciater Subang ke Kabupaten Purwakarta terus balik lagi Subang. Berbeda dengan TM sebelumnya, kita sajikan TM kali ini seperti angka 8. Hari kedua sampai Kabupaten Sumedang dan tembus Tanjung Medar balik lagi ke Subang," kata dia.

Sementara dari peserta Trabas Merdeka 21 kali ini, lanjut Edwin, ada sekitar 500 peserta offroader yang akan berpetualang ala Trabas Bandung. Mereka yang sudah teregister berasal dari berbagai daerah di Nusantara.

Sementara itu pendiri Trabas Bandung Hans Modja melihat TM 21 yang digelar oleh tim Trabas kembali ke gaya klasik, di mana sajian yang dikemas yakni berpetualang selama dua hari tanpa "embel-embel" hadiah.

"TM 21 kali ini kembali ke gaya klasik, berpetualang sebenarnya. Karena mempertahankan ciri khas berpetualang ala TM tanpa harus diiming-iming hadiah," kata Hans Modja.

Event tahunan garapan Trabas Bandung ini, selalu ramai diminati oleh pencinta trail adventure dari berbagai daerah. Itu terbukti dengan kegiatan-kegiatan Trabas Merdeka yang sebelumnya telah diselengaran. Peserta Trabas Merdeka selalu membludak dari tahun ke tahunnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut