get app
inews
Aa Read Next : PLN Icon Plus Dukung Penuh PLN dalam Kegiatan Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Inovasi Digital untuk Kawasan Industri, PLN Icon Plus Lakukan Ini

Selasa, 10 September 2024 | 13:01 WIB
header img
PLN Icon Plus. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- PLN Icon Plus meluncurkan paket industrial green tech. Paket ini dirancang untuk mendukung operasional kawasan industri yang ada di Indonesia.

Vice President Pemasaran PLN Icon Plus, Wahyu Haris Kusuma Atmaja mengatakan, pertumbuhan kawasan industri di Indonesia selama periode 2016 hingga 2021 menunjukkan peningkatan yang signifikan. 

Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian Indeks Kepercayaan Industri (IKI), hingga akhir 2023, terdapat 137 kawasan industri yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Pertumbuhan yang pesat ini mencerminkan kemajuan industri yang signifikan, namun juga menuntut adanya pengembangan infrastruktur teknologi digital yang memadai untuk mendukung operasional kawasan industri tersebut.

"Menyadari pentingnya pengembangan teknologi digital di sektor industri, kami mengambil langkah strategis dengan merancang paket industrial green tech, yang merupakan solusi inovatif untuk mendukung keberlanjutan industri di Indonesia," kata Wahyu dalam siaran tertulis pada Selasa (10/9/2024).

Menurut dia, paket ini dirancang tidak hanya untuk menyediakan layanan berbasis teknologi canggih yang optimal, tetapi juga untuk mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan. 

"Paket industrial green tech ini menekankan integrasi teknologi digital seperti Internet of Things (IoT), big data, dan otomatisasi dalam operasional industri," ujarnya. 

Konsep ini bertujuan untuk menciptakan sistem produksi yang lebih efisien, fleksibel, dan berkelanjutan, sehingga industri dapat merespons kebutuhan pasar dengan cepat sekaligus mengurangi dampak lingkungan. 

Wahyu menuturkan, PLN Icon Plus sebagai mitra terpercaya dari tenant dan pengelola kawasan industri dalam menjalankan bisnis yang mengedepankan environmental, social, dan governance dengan dukungan layanan konektivitas, digital platform, dan transisi energi yang terintegrasi satu sama lain yang memberikan nilai tambah bagi efisiensi bisnis, pemanfaatan energi, harmonisasi dengan lingkungan, dan efektivitas bisnis yang mendukung agresifitas bisnis. 

"Pengalaman kami men-delivery layanan energi, konektivitas, dan digital di IKN merupakan pengalaman yang dapat kami bagikan bagi pelanggan kami yang utama,” tuturnya.

Dia menerangkan, komponen paket industrial green tech ini menawarkan beragam solusi yang mencakup smart infrastructure, smart community, smart monitoring, dan green environment.

"Dengan kolaborasi yang erat antara PLN Icon Plus dan pengelola kawasan industri, diharapkan konsep smart industry dapat terwujud di seluruh kawasan industri di Indonesia," ucapnya. 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut