JAKARTA, iNewsBekasi.id- Bisnis online saat ini memang sedang ini dan sangat digandrungi para pemuda zaman sekarang. Salah satunya Miftah Ainu Rofiq yang menjalankan bisnis bidang beauty care dan parfum.
Pemuda asal 30 tahun ini mengatakan, mulanya terjun dalam dunia bisnis online adalah dengan menjadi resseler produk milik orang lain. Setelah lulus pendidikan jurusan desain grafis di SMK daerah Jombang, Jawa Timur, pria yang mempunyai keahlian desain ini, mencoba mandiri dengan belajar jualan online.
Pengetahuan jualan online pemuda yang akrab disapa Mazinu ini didapat dari sosial media yang selama ini digunakan. ”Awal bisnis online yang saya lakukan, ya hanya sebatas jualan online produk milik orang, atau yang sekarang dikenal dengan nama reseller,” kata Mazinu kepada iNews Bekasi pada Minggu (12/1/2025).
Mazinu menuturkan,dari tahun 2017 hingga tahun 2020, masih berjualan online tanpa menggunakan branding, serta berjuang menjadi reseller produk-produk online. Dikarenakan produk yang dijual masih kurang bagus di pasaran menyebabkan penjualan kurang maksimal.
Apalagi pada tahun 2020 saat pandemi corona, yang hampir melumpuhkan perekonomian. Hal ini mengakibatkan bisnis online mulai menurun penjualan karena daya beli customer juga menurun.
Dengan terus berupaya untuk lebih meningkatkan penghasilan, dengan modal yang terbatas, mulai membangun brand sendiri yaitu Mezuca di awal tahun 2020.
Bisnis ini berfokus di bidang perawatan kecantikan kulit atau skincare, beauty care dan perfume. Selama mengawali bisnis skincare ini, pasang surut usaha adalah hal yang memang biasa dihadapi, selain dikarenakan pandemi yang belum selesai saat itu, persaingan pasar juga sangatlah ketat.
Semangat berbisnis dan tekad yang kuat untuk terus melakukan evaluasi dan mencoba lagi agar bisa terus berkembang, adalah hal yang memang wajib dilakukan oleh seseorang yang ingin sukses dalam usaha.
Saat ini, brand Mezuca sudah semakin berkembang pesat, dengan jumlah karyawan lebih dari 50 orang, serta para affiliator juga meningkat jumlahnya.
Sampai akhir tahun lalu, Mezuca telah sukses melakukan penjualan hingga jutaan produk Mezuca, di seluruh Indonesia. Saat ini, pemasaran produk masih terfokus berjualan di online marketplace dan kini perlahan mengambil market offline store.
Harapan dari Mazinu adalah bisnisnya saat terus berkembang dan dapat membantu perekonomian saudara dan orang lain. “Semoga Mezuca dapat terus berkembang, serta bisa bermanfaat bagi orang lain”, ucap Mazinu.
Editor : Wahab Firmansyah