PLN Bekasi Pastikan Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik Usai Idulfitri
BEKASI, iNewsBekasi.id- PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi memastikan tidak ada perubahan atau kenaikan tarif listrik pasca-Idulfitri 2025. Hal ini untuk memberikan kejelasan kepada masyarakat, di tengah meningkatnya tagihan listrik yang dirasakan sebagian pelanggan.
Manager PLN UP3 Bekasi Donna Sinatra mengatakan, PLN tetap menjalankan kebijakan tarif yang berlaku sesuai dengan ketentuan pemerintah dan tidak ada kenaikan tarif listrik.
"Kenaikan tagihan yang dialami sebagian pelanggan saat ini murni akibat dari peningkatan pemakaian listrik yang signifikan selama bulan Ramadan dan libur panjang Lebaran,” kata Donna kepada wartawan Kamis (17/4/2025).
Donna menuturkan, peningkatan konsumsi listrik ini dipicu banyaknya kegiatan di rumah selama bulan suci Ramadan dan libur Lebaran.
Adanya libur sekolah dan cuti bersama nasional membuat banyak keluarga menghabiskan waktu di rumah, sehingga intensitas penggunaan listrik pun meningkat, yang berimbas pada tagihan bulanan yang lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya.
Oleh karenanya, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, PLN juga memanfaatkan teknologi digital. Donna mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang dirancang untuk membantu pelanggan memantau pemakaian listrik secara mandiri dan real-time.
"Aplikasi ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam memonitor penggunaan listrik, tetapi juga menawarkan fitur inovatif yang mendukung keterlibatan pelanggan dalam pengelolaan konsumsi energi mereka," tuturnya.
Salah satu fitur unggulannya, lanjut Donna, adalah Swacam atau Catat Meter Mandiri, yang memungkinkan pengguna untuk mencatat pemakaian listrik secara mandiri.
Melalui fitur ini, pelanggan dapat memperkirakan besaran tagihan mereka sebelum periode pembayaran tiba.
“Kami ingin memberikan kenyamanan dan kontrol penuh bagi pelanggan dalam memantau pemakaian listrik mereka. Dengan Swacam, pelanggan bisa lebih bijaksana dalam mengatur kebutuhan energi sehari-hari,” ujarnya.
General Manager Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Tonny Bellamy menambahkan, PLN berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan kepada pelanggan.
Dalam konteks ini, perusahaan juga berupaya membangun transparansi dengan menyediakan informasi yang mudah diakses.
Dengan kebijakan yang transparan dan teknologi yang mendukung, PLN berharap dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
“Kami berterima kasih atas kerja sama dan dukungan masyarakat selama ini. Mari kita bersama-sama ciptakan penggunaan energi yang efisien dan berkelanjutan,” ucapnya.
Editor : Wahab Firmansyah