Transjakarta Sabet 5 Penghargaan dalam BUMD Entrepreneurial Marketing Award 2025

JAKARTA, iNewsBekasi.id - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih lima penghargaan sekaligus dalam ajang BUMD Entrepreneurial Marketing Award 2025, yang diselenggarakan oleh Markplus, Inc. Acara penganugerahan bergengsi ini berlangsung di Atrium Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada Rabu 21 Mei 2025.
Transjakarta berhasil membawa pulang penghargaan dalam kategori Marketing 5.0 (Gold Winner), Tactical Marketing (Gold Winner), Strategical Marketing (Silver Winner), Best of the Best BUMD Entrepreneurial Marketing Award, dan Direktur Bisnis dan Pemanfaatan Aset Transjakarta Fadly Hasan menerima CMO of The Year.
Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta, Ayu Wardhani mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi bukti nyata atas komitmen perusahaan dalam menghadirkan pelayanan dan inovasi terbaik bagi masyarakat.
"Penghargaan ini tidak lepas dari upaya Transjakarta dalam mengembangkan berbagai strategi dan pendekatan pemasaran yang secara langsung memberikan dampak positif terhadap pelanggan. Ini adalah hasil kerja keras seluruh tim Transjakarta," ujar Ayu dikutip, Sabtu (24/5/2025).
Keberhasilan ini didukung oleh strategi pemasaran 3S (Service, Strategic Partnership, dan Sustainability) yang menjadi dasar pengembangan bisnis dan peningkatan kualitas layanan Transjakarta.
1. Service (Pelayanan Prima)
Transjakarta secara konsisten menghadirkan inovasi pemasaran yang relevan dan efektif, menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan serta meningkatkan loyalitas. Salah satu contoh nyata adalah kolaborasi dengan mitra untuk menghadirkan hiburan dan kreativitas di halte maupun bus, menjadikan transportasi publik lebih dari sekadar sarana perjalanan.
“Kami ingin pelanggan bukan hanya setia, tapi juga menjadi duta yang bangga menggunakan Transjakarta. Inilah kenapa kami terus memperbaiki kualitas layanan dan pengalaman pelanggan,” tambah Ayu.
2. Strategic Partnership (Kemitraan Strategis)
Transjakarta aktif menjalin kolaborasi dengan berbagai mitra strategis. Salah satu bentuk nyatanya adalah program pembagian takjil gratis saat bulan Ramadan, sebagai wujud kepedulian terhadap pelanggan yang masih dalam perjalanan saat waktu berbuka.
3. Sustainability (Keberlanjutan)
Seluruh strategi pemasaran dirancang sejalan dengan visi keberlanjutan Transjakarta, yang terangkum dalam program Transjakarta Bersih, Berdaya, Bestari. Salah satu inisiatif unggulan adalah program "Dari Air Jadi Kebaikan", yang memanfaatkan sumber daya air untuk memberikan manfaat bagi komunitas dan lingkungan sekitar.
Transjakarta menunjukkan bahwa strategi pemasaran bukan hanya tentang promosi, tapi juga keberpihakan kepada pelanggan dan lingkungan. Penghargaan ini sekaligus menegaskan posisi Transjakarta sebagai pelopor inovasi pemasaran di sektor transportasi publik nasional.
"Kami percaya bahwa layanan publik juga harus berorientasi pelanggan dan berkelanjutan. Ini bukan akhir dari perjalanan, tapi motivasi untuk terus tumbuh dan memberi manfaat lebih luas," pungkas Ayu.
Editor : Eidi Krina Sembiring