149.000 Pelanggan PLN Cikarang Manfaatkan SwaCam di PLN Mobile

BEKASI, iNewsBekasi.id- PT PLN UP3 Cikarang mencatat sebanyak 149.722 pelanggan telah memanfaatkan fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCam) yang tersedia di aplikasi PLN Mobile.
Fitur SwaCam memungkinkan pelanggan pascabayar untuk mencatat angka meter listrik secara mandiri pada rentang waktu 23 hingga 27 setiap bulannya.
Manager PLN UP3 Cikarang Wiedhyarno Arief Wicaksono mengatakan, pihaknya aktif mengedukasi masyarakat terkait penggunaan teknologi dalam layanan kelistrikan, termasuk fitur SwaCam.
"Fitur SwaCam telah digunakan secara luas oleh pelanggan PLN Cikarang. Pada bulan Maret 2025, tercatat 149.722 pelanggan telah memanfaatkan fitur ini, menjadikannya rekor tertinggi sepanjang tahun," kata Wiedhyarno dalam keterangannya pada Senin (256/5/2025).
Dia menuturkan, pihaknya terus mendorong pelanggan untuk berpartisipasi dalam baca meter mandiri. Fitur SwaCam merupakan solusi praktis bagi pelanggan dalam mengecek estimasi tagihan bulanan sekaligus mengontrol penggunaan listrik sendiri.
"Layanan ini lebih praktis, transparan, dan juga menjaga privasi pelanggan,” tuturnya.
Terkait penggunaan fitur SwaCam, lanjut dia, pelanggan dapat mengikuti langkah-langkah mudah untuk melakukan pencatatan meter secara mandiri melalui aplikasi PLN Mobile.
Pertama, membuka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih menu Catat Meter, pilih mulai SwaCam dan foto angka stand meter yang ada di kWh meter. Selanjutnya, memilih ID Pelanggan, memasukan angka stand meter, dan kirim.
"Setelah menyelesaikan tahapan tersebut, pelanggan akan langsung mendapatkan estimasi tagihan listrik. Adapun tagihan resmi akan terbit pada awal bulan berikutnya," tuturnya.
Menurut dia, dengan fitur ini pelanggan tak perlu khawatir saat harus bepergian karena pencatatan tidak lagi dilakukan oleh petugas yang datang langsung ke rumah. Fitur SwaCam juga memberikan kenyamanan lebih karena menjaga keamanan dan privasi pelanggan.
“Dengan SwaCam, pelanggan bisa bepergian lebih tenang karena tidak ada lagi kunjungan petugas ke rumah. Privasi pun lebih terlindungi,” ujarnya.
Sementara itu, General Manager PLN UID Jawa Barat Tonny Bellamy mengungkapkan, fitur SwaCam merupakan bentuk komitmen PLN dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.
“PLN terus berinovasi untuk memberikan kemudahan layanan kelistrikan. Lewat fitur baca meter mandiri di PLN Mobile, pelanggan bisa mencatat angka meter dengan lebih nyaman, mandiri, dan efisien,” ungkapnya.
Dia melanjutkan, pencatatan mandiri hanya bisa dilakukan pada tanggal 23 hingga 27 setiap bulan.
“Kami berharap semakin banyak pelanggan yang memanfaatkan fitur ini secara maksimal. Selain catat meter, aplikasi PLN Mobile juga menyediakan layanan pembayaran, pengaduan, dan informasi kelistrikan lainnya,” ucapnya.
Editor : Wahab Firmansyah