Logo Network
Network

Permudah Akses Masyarakat, Pemkab Bekasi Berencana Bangun RSUD Tipe D di Cibarusah pada 2023

Jonathan Simanjuntak
.
Kamis, 31 Maret 2022 | 19:53 WIB
Permudah Akses Masyarakat, Pemkab Bekasi Berencana Bangun RSUD Tipe D di Cibarusah pada 2023
Pemkab Bekasi akan membangun RSUD Tipe D di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi. (Foto: Dok SINDOnews)

BEKASI, iNews.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D direncanakan akan dibangun di Kabupaten Bekasi tahun 2024. Sedangkan prosesnya mulai dilakukan pada 2023.

”Untuk Detail Engineering Design (DED) di 2023. Pembangunan RSUD tipe D ini usulan Dinas Kesehatan,” kata Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Beni Saputra, Rabu (30/3/2022)

Pembangunan RSUD tipe D ini memiliki pagu anggaran Rp70 miliar yang dikucurkan dari APBD Kabupaten Bekasi. Kajian rencana pembangunan rumah sakit ini masih dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.”Untuk titik lokasi pembangunan rumah sakit Dinas Kesehatan yang menentukan, termasuk kajian-kajiannya dari sana,” ucapnya. 

Selain rumah sakit, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga menjadwalkan pembangunan lima unit puskesmas baru pada 2023. Total pagu anggarannya mencapai Rp25 miliar.”Dari 2024 akan dibangun satu puskesmas dengan pagu anggaran tiap puskesmas Rp10 miliar,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainarti mengatakan, RSUD tipe D direncanakan dibangun di Kecamatan Cibarusah. Keberadaan rumah sakit ini nantinya untuk menjangkau masyarakat yang tinggal di wilayah selatan. 

”Rencana pembangunan rumah sakit tipe D di wilayah selatan untuk masyarakat Kabupaten Bekasi wilayah selatan, juga untuk mempermudah akses masyarakat. Rumah sakit ini luasnya 5.000 sampai 10 ribu meter persegi,” ungkapnya.

Pembangunan rumah sakit dan puskesmas bagian dari bidang kesehatan yang masuk dalam proyek strategis daerah untuk 2023-2026. Karena keberadaan fasilitas kesehatan yang ada saat ini belum menjangkau seluruh masyarakat secara maksimal.

Misalnya seperti puskesmas. Saat ini dengan sekitar 3 juta jiwa penduduk, Kabupaten Bekasi baru memiliki 46 unit puskesmas. ”Jumlah puskesmas saat ini 46 unit. Idealnya satu puskesmas melayani 30 ribu warga,” tegasnya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.