Logo Network
Network

Mensos Marah pada Bank di Riau Soal Bansos Tak Tersalurkan, Risma Bilang Begini

Iman Ridhwan Syah
.
Kamis, 02 September 2021 | 20:34 WIB
Mensos Marah pada Bank di Riau Soal Bansos Tak Tersalurkan, Risma Bilang Begini
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: Okezone)

BEKASI, iNews.id - Menteri Sosial, Tri Rismaharini, meminta bank penyalur untuk membuka blokir beberapa kartu bantuan sosial (Bansos) bagi keluarga penerima manfaat (KPM) di Riau.

"Ini yang blokir pihak bank, Kemensos belum melakukan pemblokiran kartu. Kasihan bantuannya belum diambil, saya minta semua blokir dibuka hari ini. Kita buka semua blokir di Riau, kalau satu-satu susah nanti," ucap Risma saat melakukan pertemuan dengan pendamping PKH, BPNT, Himbara penyalur dan Kepala Dinas Sosial se-Riau di Pekanbaru, Selasa (31/8/2021).

Risma mengungkapkan, terdapat lima kabupaten dan kota di Riau yang menyampaikan laporan tidak transaksi dan tidak terdistribusi tahap I dan II.

Daerah tersebut diantaranya Pekanbaru, Pelalawan, Rokan Hulu, Indragiri Hilir dan Kampar.

Dari 72.766 keluarga penerima manfaat (KPM) KPH di lima daerah tersebut, tahap I ada 74 KPM tidak terdistribusi dan 202 KPM tidak bertransaksi.

Sementara tahap II, ada 822 KPM tidak terdistribusi dan 2.662 KPM tidak bertransaksi.

"Ini persoalannya banyak kartu yang belum didistribusikan dan terblokir. Kok bisa belum didistribusikan, di mana kartunya sekarang? Saya minta hari ini juga didistribusikan, yang diblokir segara buka blokirnya. Bapak dosa lho kalau tidak menyalurkan, ini hak orang miskin," tegas Risma.

Kebijakan itu disampaikan Risma soal pemerintah memberikan kemudahan pencairan bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos), untuk warga yang berada di daerah perairan dan pulau terpencil di Riau.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Bagikan Artikel Ini