2. Sponsor
Beberapa brand ternama telah bekerjasama dengan Lionel Messi untuk dijadikan strategi periklanan. Dia menerima sekitar 40 juta dolar AS (Rp573 miliar) dari hasil kerjasama dengan sponsor.
Adidas dijadikan salah satu sponsor utamanya, dan Messi pun telah dikontrak perjanjian selama masa hidupnya.
Selain itu, Messi juga merupakan duta dari merek untuk perusahaan TATA Motors, Gillette, Turkish Airlines, dan Ooredoo.
3. Investasi
Lionel Messi merupakan salah satu dari tiga investor anak usaha yang dinamakan Kosmos. Kosmos adalah perusahaan olahraga dan hiburan dengan ide yang futuristik.
Perusahaan itu memiliki anak usaha bernama Kosmos Tennis. Bidang mereka fokus pada pengembangan dan pengelolaan acara tenis secara global.
4. Bisnis
Lionel Messi bekerjasama dengan Jacob & Co. di tahun 2016 untuk perilisan jam tangan mewah kelas atas.
Dia juga memiliki sebuah bisnis clothing yang dinamakan Lionel Messi Clothing Line dan didirikan pada tahun 2019.
Salah satu taman hiburan di China pun menjadi salah satu tempat yang didedikasikan untuk Messi, dia mendapatkan kehormatan pada tempat tersebut dan taman hiburan itu dikenal sebagai The Lionel Messi Theme Park
Editor : Eka Dian Syahputra