get app
inews
Aa
Read Next : Razia di Lapas Cikarang, Petugas Temukan Senjata Tajam hingga Korek Gas

Mal Pelayanan Publik di Bekasi Sudah 14 Instansi Bergabung Segera Dibuka

Sabtu, 18 September 2021 | 15:31 WIB
header img
Pemerintah Kabupaten Bekasi segera mengoperasikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Lotte Mart Cikarang, Jalan Gatot Subroto, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Foto/Ilustrasi/INews.id)

BEKASI, iNews,id -  Mal Pelayanan Publik (MPP) di Lotte Mart Cikarang, Jalan Gatot Subroto, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi ini sebentar lagi dapat melayani berbagai keperluan warga. Setidaknya sudah 14 instansi bergabung di MPP untuk memberikan pelayanan publik.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Sandra Iis Yanti, Sabtu (18/9/2021) mengatakan,  pihaknya  segera mengoperasikan MPP tersebut, 

”Kalau tidak ada halangan tahun ini MPP sudah bisa beroperasi dan melayani masyarakat Bekasi,” katanya. 

Lihat Juga: Mudah Banget! Ini Tata Cara Pendaftaran Vaksin Covid-19 Lewat HP Tanpa Ribet

Menurut dia, saat ini pemerintah daerah terus berkordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sedikitnya ada 14 instansi yang telah bergabung untuk memberikan pelayanan di MPP dan tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah.

”Tenant sudah siap. Sementara ini ada 14 instansi yang sudah bergabung termasuk yang dari luar pemerintah, seperti kantor imigrasi, kementerian agama, pengadilan agama, perbankan hingga kepolisian,” ucapnya. 

Iis berharap keberadaan MPP dapat mempercepat dan mempermudah Pemkab Bekasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berjumlah hampir mencapai 3 juta jiwa.

”Kalau semua persyaratan lengkap prosesnya akan singkat dan jaraknya juga lebih dekat untuk mengurus KTP, menurus KK, mengurus akta nikah, izin usaha bisa di MPP,” harapnya.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Bekasi Sutia Resmulyawan mengatakan, pemerintah sedang melakukan penataan MPP di sana. Menurut dia, pusat perbelanjaan dinilai strategis dijadikan lokasi pelayanan publik.

”Kriteria lokasinya masuk, dan lokasinya paling memungkinkan dan tepat untuk dijadikan MPP,” ungkapnya.

Di sana sudah mulai dibangun sejumlah gerai layanan publik mulai dari layanan administrasi kependudukan, pelayanan izin, hingga pembuatan paspor.

Selain itu di tempat yang sama juga akan didirikan gerai layanan pembayaran pajak kendaraan. Kemudian perpanjangan SIM, bahkan balai nikah dan perbankan juga turut melayani warga Kabupaten Bekasi.

Jadi semua layanan tersedia dan akan berkumpul menjadi satu di Lotte Cikarang. Apalagi, keberadaan MPP memudahkan masyarakat mengurus dokumen administrasi.

”Yang jelas saat ini kita sedang mempersiapkan instrumen-instrumennya terlebih dahulu. Apabila pandemi ini selesai, segera kita soft launching,” tegasnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut