get app
inews
Aa Read Next : Bareskrim Beberkan Modus Andi Pangerang  Ancam Warga Muhammadiyah

Besok! Gerhana Bulan Total Akan Berlangsung, Ini Wilayah yang Bisa Lihat

Sabtu, 14 Mei 2022 | 23:09 WIB
header img
Besok Gerhana Bulan Total bisa disaksikan langsung, berikut wilayah yang terdampak (Foto: CTVNews)

JAKARTA, iNews.id - Gerhana Bulan Total besok bakal terjadi dan dapat disaksikan langsung penduduk Bumi. Akan tetapi, di wilayah mana saja yang akan dilintasi?

Pusat Sains Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada keterangan resminya mengungkapkan, Gerhana Bulan Total akan terjadi besok 15-16 Mei 2022.

"Gerhana Bulan Total merupakan fenomena astronomis ketika Bulan, Bumi, dan Matahari berada pada satu garis lurus di mana Bulan masuk seluruhnya ke dalam bayangan inti (umbra) Bumi," tulis BRIN, dikutip Sabtu (14/5/2022).

Sehingga, tidak ada sinar Matahari yang dapat dipantulkan ke permukaan Bumi. Gerhana Bulan Total cenderung berwarna kemerahan karena pembiasan Rayleigh, yaitu pembiasan sinar Matahari secara selektif oleh atmosfer Bumi.

"Ketika Bulan berada di sisi yang berlawanan dengan sisi Bumi yang mengalami siang hari, sinar Matahari akan menempuh lintasan yang lebih panjang dibandingkan dengan sisi Bumi yang mengalami malam hari," ujar BRIN.

Akibatnya, sinar Matahari yang sampai ke Bulan akan dibiaskan ke panjang gelombang yang lebih panjang dalam spektrum cahaya dan bakal tampak spektrum merah.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut