Logo Network
Network

Papua Memanas, 17 Warga Kiwirok Dievakuasi Gunakan Penerbangan 3 Kloter

Omega Batkorumbawa
.
Sabtu, 25 September 2021 | 08:42 WIB
Papua Memanas, 17 Warga Kiwirok Dievakuasi Gunakan Penerbangan 3 Kloter
Belasan warga sipil berhasil dievakuasi ke Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu (25/9/2021) hari ini. (Foto: Omega Batkorumbawa)

OKSIBIL, iNews.id  - Belasan warga sipil Kiwirok  berhasil dievakuasi ke Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu (25/9/2021) hari ini. Tercatat ada 17 warga sipil dievakuasi dibagi dalam tiga kloter penerbangan.

Mereka selama ini diungsikan di Pos Pamtas Kiwirok dan dievakuasi menggunakan  pesawat carteran Satgas Nengmangkawi Polri, dari Distrik Kiwirok menuju Oksibil Pegunungan Bintang.

“Ini kloter pertama pagi ini tiba dengan selamat, sekaligus mengangkut bahan makanan dan logistik untuk aparat dan masyarakat sekitar di Distrik Kiwirok,” kata Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Cahyo Sukarnito di Bandara Oksibil

Untuk selanjutnya, kata Kapolres, masyarakat pengungsi ini akan dibawa ke Mapolres Pegunungan Bintang untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan termasuk trauma healing. “Jadi, nanti kita lakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu dan nanti kita akan serahkan kepada instansi terkait dalam hal ini pemerintah daerah,” kata Kapolres .

Kapolres mengaku, masyarakat pengungsi yang berhasil dievakuasi ke Oksibil tersebut terdiri dari tenaga pendidik dan para pekerja serta masyarakat. Baca juga: Kapolres Cimahi dan Jajaran Bersimpuh di Hadapan Nenek Ini, Ada Apa?

Sekedar diketahui, 13 September terjadi kontak tembak dan pembakaran sejumlah fasilitas umum di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang. Sejumlah tenaga kesehatan menjadi korban, dan puluhan warga mengungsi di pos satgas pamtas setempat.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.