get app
inews
Aa Read Next : Intip Deretan Lokasi Syuting Hollywood yang Dibuat di Indonesia, Salah Satunya Lapangan Banteng

GIPI Kaget Tiket Masuk Borobudur Rp 750 Ribu: Pariwisata Bukan Milik Eksklusif, tapi Semua Orang

Selasa, 07 Juni 2022 | 15:20 WIB
header img
Pelaku industri pariwisata mengaku kaget dengan wacana kenaikan harga tiket masuk candi Borobudur menjadi Rp750.000. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Wacana kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur menjadi Rp 750.000 hingga kini masih jadi perbincangan hangat.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Benk Mintosih mengaku kaget saat mengetahui informasi itu.

"Jangankan orang umum, kami saja kaget. Seperti nya kan tidak dipikirkan ketika menyampaikan informasi ini, sehingga yang muncul pertama kali kan kaget," ujarnya dalam program Market Review di IDX Channel, Selasa (7/6/2022).

Menurut dia, jika alasan kenaikan tarif masuk candi untuk pemeliharaan atau konservasi, hal itu mestinya bisa diatur bersama pengelola. Artinya, jadwal kunjungan bisa secara berkala dan berjenjang agar kapasitasnya bisa diatur.

"Sangat tidak reasonable tiket segitu tuh. Bilamana itu diaplikasikan, orang Rp350.000 saja masih belum banyak, apalagi segitu (Rp750.000)," tukasnya.

Dia menyebut terkait wacana kenaikan harga tiket masuk candi Borobudur tersebut belum pernah dikomunikasikan dengan stakeholder pariwisata.

Benk menegaskan bahwa pariwisata itu milik semua orang dan lonjakan tarif masuk Borobudur akan membuatnya makin tidak terjangkau masyarakat kalangan bawah.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut