get app
inews
Aa Read Next : Belum Genap 2 Tahun, Rayyanza Cipung Mampu Beli Sapi 1 Ton Pakai Uang Sendiri untuk Berkurban

Pasar Hewan di Gunungkidul Kembali Dibuka, Ratusan Ekor Ternak Terindikasi PMK

Senin, 13 Juni 2022 | 10:06 WIB
header img
Petugas memeriksa hewan ternak di salah satu pasar hewan di Gunungkidul. Ada sekitar 250 ekor ternak terindikasi PMK. (Foto: Erfan Erlin/Sindonews)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Pasar hewan di Gunungkidul dibuka kembali setelah sempat tutup selama hampir dua pekan. Dinas Perdagangan dan Peternakan Gunungkidul sudah dua hari terakhir mengizinkan transaksi di pasar-pasar hewan disana. 

Menurut Kepala bidang kesehatan hewan, Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul Retno Widyastuti, mulai Minggu (12/6/2022) kemarin pasar hewan dibuka kembali. Pasar hewan terbesar di Gunungkidul, Siyonoharjo kembali ramai dikunjungi pedagang dan pembeli hewan.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pihaknya sangat selektif memperkenankan hewan ternak yang akan diperdagangkan. Semua hewan yang akan masuk ke pasar hewan diperiksa terlebih dahulu. 

"Di pintu masuk kita lakukan pemeriksaan suhu dan fisik luarnya. Jika ada yang diindikasikan tidak sehat, maka kami minta dibawa pulang,"ujar dia di sela pemeriksaan hewan di Pasar Hewan Munggi Semanu, Senin (13/6/2022). 

Hari ini pihaknya melakukan pemeriksaan intensif di pasar Munggi. Hingga pukul 08.00 WIB telah meminta para pedagang membawa kembali puluhan hewan ternak yang diindikasikan terjangkit PMK. 

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut