Serba Pink, Intip Prosesi Siraman Kaesang dan Erina Sofia Gudono

Setpres-Laily Rachev
.
Jum'at, 09 Desember 2022 | 18:11 WIB

SOLO, iNewsBekasi.id - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menjalani prosesi sungkeman dan siraman di Solo, Jawa Tengah Jumat (9/12/2022).

Kaesang Pangarep melakukan rangkaian prosesi sungkeman dan siraman pernikahannya dengan Erina Sofia Gudono hari ini.

Terlihat sekitar pukul 08.10 WIB, Jokowi dan Iriana tiba di lokasi sungkeman. Kaesang kemudian bersujud di hadapan kedua orang tuanya. Prosesi diawali dengan pemasangan bleketepe oleh Jokowi di depan kediaman.

Prosesi siraman diawali dengan penerimaan air dari ke-7 sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran. Ketujuh sumber mata air tersebut yaitu Istana Merdeka, Istana Bogor, Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, dan Kediaman Solo. 

Setelah penyiraman, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong Kaesang tersebut. Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada anak bungsunya yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

"Dari kediaman kami di Kota Surakarta, hari ini Jumat 9 Desember 2022, kami mengantar Kaesang Pangarep untuk menjalani rangkaian prosesi pernikahan dengan Erina Gudono. Syukur Alhamdulillah, prosesi sungkeman dan siraman berjalan dengan baik dan lancar. Kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya dapat berjalan dengan baik. Kami juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaan rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina ini mengganggu kenyamanan masyarakat, khususnya masyarakat Yogyakarta dan Kota Surakarta." Tulis akun Facebook Presiden Joko Widodo, pada Jumat (9/12/2022).

Tak hanya di Solo, Prosesi siraman juga dilakukan di kediaman calon mempelai wanita, Erina Sofia Gudono di daerah Sleman, Yogyakarta pada hari ini. 

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Bagikan Artikel Ini