Deretan Ikan Terbesar di Dunia, Nomor 1 Mampu Hidup Lebih dari 70 Tahun

Danang Arradian
Ikan Terbesar di Dunia. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Ada sejumlah ikan terbesar di laut yang menarik untuk diketahui. Terlebih, tak sedikit ikan berukuran raksasa yang terdapat pada daftar terancam punah.

Padahal mereka biasanya ada di puncak ekosistem. Ancaman ikan-ikan di dunia itu pun berasal dari manusia.

Lantas, apa saja ikan terbesar di dunia? Berikut informasinya yang iNewsBekasi.id himpun dari SINDOnews.com, Sabtu (31/12/2022).

Ikan Terbesar di Dunia

1. Hiu Putih Besar

Di urutan pertama ikan terbesar di dunia adalah Hiu Putir Besar. Di mana Carcharodon carcharias atau hiu putih besar ditemukan di perairan pesisir semua samudera dengan suhu air berkisar antara 12 dan 24 °C. Beberapa spesimen spesies ini telah ditemukan dengan panjang 6 meter dan berat sekitar 3,3 ton. Hiu putih besar dapat hidup selama lebih dari 70 tahun.

Ikan ini dapat memangsa berbagai spesial, salah satunya burung laut. Hiu putih besar merupakan predator puncak di ekosistemnya.

2. Tiger Shark

Cuvier Galeocerdo atau Hiu Macan adalah salah satu spesies ikan terbesar. Panjangnya bisa mencapai lebih dari 4,8 meter dan berat sekitar 3 ton. Populasi spesies ini tersebar luas di lautan tropis dan sedang.

Hiu yang lebih muda menunjukkan garis-garis seperti harimau di tubuh dan menghilang seiring bertambahnya usia. Hiu macan juga terancam oleh aktivitas manusia yang membuatnya menjadi spesies yang hampir terancam di Daftar Merah IUCN.

3. Hiu Paus

Rhincodon typus atau Hiu Paus dapat tumbuh hingga 12,6 meter dan beratnya mencapai 21,5 ton. Berat itu sama dengan sebuah bis. Wajar jika ini merupakan spesies ikan terbesar yang hidup saat ini.

Juga merupakan spesies vertebrata non-mamalia terbesar yang masih ada di bumi. Hiu paus ditemukan di perairan terbuka samudra tropis yang hangat. Ikan ini bisa hidup hingga 70 tahun. Meski ukurannya sangat besar, ikan ini jarang menjadi ancaman bagi manusia. Spesies ini diberi label sebagai spesies yang terancam punaholehIUCN.

4. Mola Mola

Mola mola adalah ikan bertulang terbesar yang masih hidup di dunia. Ikan dewasa dari spesies ini memiliki berat sekitar 2,3 ton dan dapat tumbuh hingga panjang maksimum 3 meter. Karena bentuknya yang unik, ikan Mola dapat mencapai ketinggian yang setara dengan panjangnya. Ikan ini menghuni lautan tropis dan sedang di dunia. Mereka memakan jeli laut dalam jumlah besar.

5. Pari Manta Ray



Editor : Eka Dian Syahputra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network