Deretan Ikan Terbesar di Dunia, Nomor 1 Mampu Hidup Lebih dari 70 Tahun

Danang Arradian
Ikan Terbesar di Dunia. Foto: Ist

Manta birostris adalah spesies ikan pari terbesar di dunia. Panjangnya dapat mencapai 7 meter dan berat sekitar 3 ton. Pari Manta hidup di lautan tropis dan subtropis. Makanannya plankton, dan umumnya berenang berkelompok dengan anggota lain dari spesies yang sama atau spesies laut lainnya.

6. Ikan Sturgeon Beluga

Ikan Sturgeon Beluga adalah spesies yang terancam punah. Habitat ikan terbatas pada Laut Hitam, Kaspia dan Laut Adriatik. Manusia mengeksploitasi spesies ini untuk kaviar beluga yang sangat mahal.

Penangkapan ikan yang tidak diatur dan kegiatan perburuan sangat mengurangi populasi ikan ini. Spesimen sturgeon beluga terbesar yang diketahui telah ditemukan dengan panjang 7,1 meter dan berat 1.571 kg.

7. Pari Manta Karang

Manta alfredi adalah spesies pari terbesar kedua dan spesies ikan terbesar kesepuluh yang hidup di dunia saat ini. Ikan ini umumnya ditemukan di perairan laut tropis dan subtropis. Berat ikan bisa mencapai 1,4 ton dan panjang hingga 5,5 m.

Pari Manta mengkonsumsi zooplankton. Musuh terbesar Pari Manta adalah aktivitas manusia seperti penangkapan ikan yang berlebihan. Oleh karena itu, Pari Manta Karang merupakan spesies Rentan dalam Daftar Merah IUCN.

8. Mola Ekor Tajam

Masturus lanceolatus adalah spesies mola yang hidup di perairan laut tropis dan sedang di dunia. Spesies ini sulit dipahami, karena jarang terlihat. Ikan Mola ekor tajam dapat mencapai panjang sekitar 3,3 meter dan berat 2 ton. Mola ekor tajam memakan berbagai spesies termasuk annelida, spons, dan ikan kecil.

Itulah sederet ikan terbesar di dunia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.[

Editor : Eka Dian Syahputra

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network