6 Film Hollywood Murah tapi Untung Besar, The Blair Witch Project sampai Bikin Heboh

Wahyono/Eka Dian Syahputra
6 Film Hollywood Murah tapi Untung Besar. Foto: ist

4. The Blair Witch Project (1999)

Dengan konsep ala film dokumenter, Myrick dan Sanchez menggunakan bujet seminim mungkin, yaitu 60.000 dolar (sekitar Rp877 juta), untuk syuting The Blair Witch Project.

Saking ingin menciptakan nuansa film dokumenter dengan nuansa horor yang benar-benar nyata, Myrick dan Sanchez menggunakan aktor tak terkenal, pencahayaan seadanya, dan latar tempat yang benar-benar ada di dunia nyata.

Agar penonton semakin percaya bahwa kejadian di The Blair Witch Project benar-benar nyata, Myrick dan Sanchez sampai nekat membuat hoaks di internet. Tak disangka, cara yang dilakukan kedua sutradara ini berhasil dan jadi salah satu film terbaik di Sundance Festival. The Blair Witch Project berhasil mendapatkan pemasukan sebanyak USD249 juta (sekitar Rp3,7 triliun).

5. Open Water (2003)

Tak bisa dibayangkan bagaimana ngerinya terjebak di lautan tanpa ada seorang pun yang menolong. Namun, itulah yang pernah dialami oleh pasangan Tom dan Eileen Lonergan yang tertinggal di lautan saat melakukan penyelaman di Great Barrier Reef di Australia.

Kisah tragis pasangan yang jasadnya enggak pernah ditemukan ini akhirnya diangkat ke sebuah film yang berjudul Open Water yang rilis tahun 2003. Sutradara Chris Kentis dan istrinya, Laura Lau, menggunakan uangnya sendiri untuk mendanai pembuatan film ini. Dengan bujet USD500.000 (sekitar Rp7,3 miliar), Kentis menggunakan hiu sungguhan untuk menciptakan ketakutan aktor yang benar-benar nyata.

Kerja keras Kentis dan para aktornya akhirnya terbayarkan. Setelah tayang di Sundance Film Festival, Lionsgate pun tertarik mendistribusikan film ini ke berbagai bioskop. Open Water pun berhasil mendapatkan pemasukan sebanyak USD54,7 juta (sekitar Rp797 miliar).

6. Napoleon Dynamite

Pertemanan yang baik bisa membuat kalian sukses. Itulah yang dibuktikan oleh sutradara Jared Hess.Setelah film pendek Hess diterima dengan baik di Slamdance Film Festival, teman sekelasnya yang bernama Jeremy Coon meyakinkan Hess untuk berhenti kuliah dan berkerja sama membuat sebuah film panjang. Saking niatnya, Coon membantu mencari investor yang mau mendanai film mereka.

Dengan bujet USD400.000 (sekitar Rp5,9 miliar), Hess membuat film yang diadaptasi dari kisah hidupnya sendiri berjudul Napoleon Dynamite.Untuk menekan biaya produksi, Hess akhirnya merekrut teman kampusnya sendiri untuk membintangi filmnya.

Namun untuk alasan komersial, Hess akhirnya merekrut aktor ternama yang mau bergabung di proyek berbujet kecilnya, yaitu Tina Majorino, Diedrich Bader, dan Haylie Duff.

Editor : Eka Dian Syahputra

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network