Cegah Polusi Udara, Kota Bandung Tingkatkan Penggunaan Kendaraan Ramah Lingkungan

Wahab Firmansyah
Penggunaan Beam Mobility di Kota Bandung, Jawa Barat, kian diminati masyarakat. Foto/Ilustrasi.dok/Istimewa

BANDUNG, iNewsBekasi.id- Animo masyarakat Bandung menggunakan Beam Mobility meningkat signifikan. Dalam kurun dua bulan terakhir total perjalanan pengguna layanan Beam Mobility  melewati angka 100.000 trip per bulannya. 

Country Lead Beam Mobility Indonesia Ricky Sjofyan mengatakan, kualitas udara di Kota Bandung terus mengalami fluktuasi. Indeks kualitas udara (AQI) di kota ini menyentuh angka 134, yang tergolong tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Upaya untuk  memperbaiki kualitas udara pun terus dilakukan melalui penggunaan transportasi umum dan armada yang ramah lingkungan. Saat ini, layanan mikro mobilitas yang ramah lingkungan, seperti Beam Mobility kian marak digunakan di Kota Bandung. 

"Kami mencatat bahwa pada bulan September, Bandung menyumbang 61,5% dari total trip nasional untuk penggunaan armada mikro mobilitas,"kata Ricky pada Jumat (25/10/2024). 

Menurut dia, penggunaan layanan mikro mobilitas didominasi oleh kawasan pendidikan seperti Universitas Telkom dan Unpad. Dia melnjutkan, dalam beberapa bulan terakhir, animo pengguna Beam di Bandung dan sekitarnya meningkat secara signifikan. 

"Di bulan Agustus dan September 2024 ini tercatat total perjalanan yang dilakukan oleh pengguna layanan Beam Mobility  melewati angka 100.000 trip per bulannya," ujarnya.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Organisasi, Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjajaran Cipta Endyana, menuturkan,  kehadiran layanan e-bike ride-sharing Beam Mobility ini memberikan alternatif yang lebih murah dan mudah dalam berkendaraan di dalam Kampus Jatinangor Unpad. 

"E-bike ini dapat digunakan selama 24 jam sehubungan dengan kegiatan mahasiswa hingga malam hari, menjadi solusi bagi mahasiswa yang pulang malam dan mahasiswa yang tinggal di asrama di dalam kampus," tuturnya. 

Selain itu, lanjut dia, kehadiran e-bike ini sangat menunjang program Green Campus yang sedang menjadi salah satu program prioritas Universitas Padjadjaran.

“Hal ini menunjukkan kebutuhan dan kesadaran akan armada ramah lingkungan sudah ada, dan Beam Mobility siap untuk mengakomodir hal ini. Kami berkomitmen untuk menyediakan solusi transportasi yang tidak hanya efisien tetapi juga ramah lingkungan," ucapnya. 

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network