JAKARTA, iNewsBekasi.id– Dalam dunia bisnis online yang terus tumbuh pesat, memastikan setiap paket sampai ke tangan pembeli secara aman dan tepat waktu menjadi prioritas utama. Namun, kenyataan di lapangan tak selalu mulus—pengiriman kerap mengalami kendala yang berujung pada retur atau Return to Sender (RTS), yang berpotensi merugikan para seller.
Menjawab tantangan ini, KiriminAja sebagai platform agregator pengiriman terlengkap di Indonesia, menawarkan solusi praktis dan efisien untuk meminimalisir masalah RTS.
Berdasarkan data dua tahun terakhir, KiriminAja mencatat tingkat RTS yang relatif rendah, hanya sekitar 8%-9%. Angka ini menunjukkan efektivitas layanan mereka dalam mendukung kelancaran logistik seller online.
Masalah umum seperti alamat yang tidak akurat, kerusakan paket, atau penerima yang tidak dapat dihubungi seringkali menjadi penyebab utama terjadinya retur.
KiriminAja hadir dengan pendekatan menyeluruh untuk mengurangi dampak negatif dari kondisi tersebut, sehingga seller bisa lebih fokus pada pengembangan bisnis mereka.
Head of Business Operation KiriminAja Shandy Febiarisma mengatakan, seller dapat menangani proses retur dengan lebih efisien melalui berbagai fitur yang tersedia.
“Dengan fitur undelivery dan tiket Bantuan yang dapat diakses langsung dari dashboard maupun aplikasi KiriminAja, seller bisa dengan mudah menindaklanjuti pengiriman bermasalah. Ditambah lagi, ada layanan live chat yang siap membantu kapan pun dibutuhkan,” katanya pada Rabu (23/3/2025).
Platform ini dilengkapi berbagai fitur unggulan untuk meningkatkan efisiensi pengiriman. Fitur Undelivery memberikan laporan akurat tentang pengiriman yang gagal, sementara Tiket Bantuan memfasilitasi komunikasi langsung antara seller dan tim dukungan KiriminAja.
Dukungan pelanggan juga tersedia 24/7 melalui WhatsApp serta DM di Instagram dan Facebook. Tak hanya itu, KiriminAja menyediakan informasi analitik seperti Skor RTS Penerima dan laporan statistik real-time di dashboard untuk membantu seller memantau performa pengiriman mereka secara lebih menyeluruh.
Untuk menambah nilai bagi pengguna, KiriminAja juga bekerja sama dengan sejumlah ekspedisi terpercaya untuk pengiriman instan—dengan menawarkan fasilitas gratis biaya retur.
“Program bebas biaya retur ini tentunya menjadi keuntungan tambahan bagi para pelaku usaha online. Mereka tak hanya mendapat kemudahan dalam pengiriman, tapi juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan tanpa khawatir biaya tak terduga,” ujarnya.
Salah satu pengguna setia KiriminAja, Mochammad Saleh, CEO dari Riski Amanah Digital juga berbagi pengalamannya. Selama dua tahun pakai KiriminAja, tingkat retur di toko saya relatif stabil. Proses follow-up-nya cepat dan fitur-fiturnya sangat membantu untuk memantau dan menyelesaikan masalah pengiriman,” ucapnya.
Editor : Wahab Firmansyah
Artikel Terkait
