Miris! Bertahun-tahun Keluarga di Karawang 4 Anaknya Idap Gizi Buruk

Nilakusuma
.
Selasa, 14 Juni 2022 | 22:25 WIB
Pasangan Engong (50) dan Annisa (45) memiliki empat anak yang mengidap gizi buruk. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Kasus gizi buruk masih terjadi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kali ini menimpa keluarga pasangan Engong (50) dan Anisa (45) warga Dusun Cilempung, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang. Sudah bertahun-tahun empat orang anaknya menderita gizi buruk, tanpa ada bantuan dari pemerintah. 

Kemiskinan menjadi alasan bagi Engong tidak bisa menghidupi keluarganya. Dia hanya penjual kelapa dan sapu didepan rumahnya. Karena kondisi rumah yang tidak layak serta bau, tidak banyak pembeli yang datang. 

"Saya menghidupi keluarga dari menjual kelapa atau sapu. Tapi dagangan saya kurang laku, kadang cukup untuk makan dua kali saja," kata Engong, Selasa (14/6/2022).

Menurut Engong, dia memiliki empat orang anak dua orang laki-laki dan yang kecil perempuan. Saking susahnya menjalani hidup, dia sesekali menyuruh dua orang anaknya yang paling besar untuk mengemis. 

"Kalau kekurangan makan, saya minta dua anak saya mengemis agar bisa makan hari itu. Berharap dari hasil dagangan kurang bisa diharapkan karena jarang laku," ujarnya. 

Engong mengaku pertumbuhan anak-anaknya memang tidak seperti anak lainnya. Dari segi fisik anaknya memang sudah berbeda, karena seluruh tubuhnya nyaris terlihat tidak memiliki daging. 

"Semua anak saya kurus-kurus juga dekil. Mereka jarang mandi karena dirumah tidak ada kamar mandi," tuturnya. 

Menurut Engong, dia mengaku tidak bisa berbuat apa-apa melihat kondisi anak-anaknya yang kurus kering. Bahkan anak-anaknya dijauhi oleh teman-temannya karena hidup miskin. 

"Anak-anak saya tidak bergaul dengan lingkungan sekitar. Mungkin karena kami miskin mereka tidak mau bergaul," ujarnya. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini