get app
inews
Aa Read Next : Pendeta Gilbert Lumoindong Dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Singgung Soal Zakat

Ini Bulan-bulan Baik untuk Menikah Menurut Islam, Salah Satunya Bulan Muharram

Sabtu, 18 Juni 2022 | 09:00 WIB
header img
Ilustrasi bulan baik untuk menikah menurut Islam. (Foto: Unsplash)

3. Bulan Dzulqa'dah

Pada bulan ini tahun ke-5 Hijriah, yaitu Dzulqa'dah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menikahi wanita dari Bani Asad bin Khuzaimah. Ia adalah Zainab binti Jahsyi bin Royab.

Selain itu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam juga menikahi seorang janda tua bernama Maimunah binti Al Harits. Beliau menikah saat melaksanakan umrah qadha, tepatnya di bulan Dzulqa'dah tahun ke-7 hijrah.

4. Bulan Syakban

Selanjutnya bulan yang baik dan dianjurkan untuk menikah menurut Islam yaitu Syakban. Sebab pada bulan ini Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menikah dengan Hafsah binti Umar bin Khattab di tahun ke-3 Hijriah. Ini beralasan untuk menghormati Umar bin Al Khattab sebagai ayahanda dari Hafsah.

Pada bulan Syakban juga Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menikah dengan seorang tawanan perang yaitu Juwairiyah binti Al Harits beliau menikah di tahun ke-6 Hijriah.

5. Bulan Rabiul Awal

Kemudian bulan yang baik untuk menentukan waktu pernikahan menurut Islam selanjutnya yaitu Rabiul Awal. Banyak juga pasangan calon pengantin yang memilih bulan ini.

Hal itu dikarenakan pada bulan ini Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menikah dengan Khadijah binti Khuwailid saat Nabi berusia 25 tahun, sedangkan istrinya berumur 40 tahun. Mereka menikah tepat pada tanggal 10 Rabiul Awal.

Allahu a'lam bisshawab.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut