Logo Network
Network

Tingkatkan Kapasitas Produksi Air Bersih, PDAM Bekasi Gandeng PT Tirta Bangun IPA di Kedungwaringin

Abdullah M Surjaya
.
Senin, 27 Juni 2022 | 20:42 WIB
Tingkatkan Kapasitas Produksi Air Bersih, PDAM Bekasi Gandeng PT Tirta Bangun IPA di Kedungwaringin
PDAM Bekasi gangdeng Tirta Tanah Merah bangun IPA di Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi. (Foto: Dok SINDOnews)

BEKASI, iNews.id - PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi menggandeng PT Tirta Tanah Merah membangun instalasi pengolahan air (IPA) di Desa Karangsambung, Kecamatan Kedungwaringin dalam upaya meningkatkan kapasitas produksi air bersih.

”Ini merupakan bentuk sinergitas BUMN dengan BUMD dalam membangun Negeri, dan pembangunan IPA ini berkapasitas 200 liter per detik,” ujar Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan pada Senin (27/6/2022).

Menurut Dani Ramdan, pembangunan infrastruktur air bersih ini sangat dibutuhkan khususnya bagi masyarakat di Desa Karangsambung, Kecamatan Kedungwaringin dalam rangka penyediaan dan pelayanan air bersih.

Dani menyebutkan cakupan pelayanan air bersih di wilayahnya baru menjangkau 40 persen dari total penduduk Kabupaten Bekasi. Keterbatasan ketersediaan air bersih memaksa sebagian warganya mengonsumsi air yang kurang baik sehingga berdampak pada kesehatan warga. 

”Efek konsumsi air kurang baik seperti gagal tumbuh akibat kurang gizi atau stunting. Bahkan sempat viral di video ada masyarakat yang menggunakan air sungai yang sudah hitam. Sudah 70 tahun lebih merdeka. Ini sangat memperihatinkan dan harus segera dicari solusinya,” ucapnya.

Dani juga mengakui kendala yang dihadapi PDAM Tirta Bhagasasi dalam menyediakan air bersih kepada masyarakat antara lain keterbatasan biaya pembangunan instalasi dan jaringan pipa serta ketersediaan air baku.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini