get app
inews
Aa Read Next : Razia di Lapas Cikarang, Petugas Temukan Senjata Tajam hingga Korek Gas

Tingkatkan Kapasitas Produksi Air Bersih, PDAM Bekasi Gandeng PT Tirta Bangun IPA di Kedungwaringin

Senin, 27 Juni 2022 | 20:42 WIB
header img
PDAM Bekasi gangdeng Tirta Tanah Merah bangun IPA di Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi. (Foto: Dok SINDOnews)

”Mengapa kapasitas produksi PDAM rendah, pertama karena modal. Penyertaan modal dari Pemerintah Kabupaten Bekasi tidak sesuai dengan kebutuhan PDAM yang relatif besar maka solusinya dengan membangun kemitraan dengan swasta maupun perusahaan negara,” jelasnya.

Direktur Operasional PT PP Tirta Tanah Merah Satya Priambodo mengatakan proses pembangunan IPA ini ditargetkan selesai dalam waktu setahun dengan spesifikasi kapasitas 200 liter per detik, dilengkapireservoir glass fused steelberdaya tampung 3.500 meter kubik. 

”Sistem pengoperasian secara otomatis menggunakan 'Supervisory Control and Data Acquisition' (SCADA) sehingga proses pengolahan air minum dapat dipantau setiap saat, 24 jam per hari, secarareal time,” katanya.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Usep Rahman Salim mengatakan IPA Tanah Merah ini diproyeksi mampu melayani sebanyak 16.000 sambungan langganan atau setara 200.000 jiwa.

Usep menyatakan skema kerja sama yang dibangun perusahaannya dengan PT PP Tirta Tanah Merah adalah bangun guna serah ataubuild operation and transfer(BOT) dalam 20 tahun.

”Target cakupan layanan kami pada tahun ini sebanyak 60 persen penduduk di Kabupaten Bekasi dan tentunya untuk tahun berikutnya akan kita perluas lagi mengingat IPA Tanah Merah ini juga berkontribusi terhadap penambahan sambungan langsung mulai tahun depan,” paparnya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut