get app
inews
Aa Read Next : Tanda-Tanda Perempuan yang Dinikahi Jin, Salah Satunya Sering Melamun

Benarkah Iblis, Jin dan Setan Dapat Ditangkap Dimasukan ke Botol, Begini Penjelasan Ulama

Jum'at, 29 Oktober 2021 | 09:52 WIB
header img
BENARKAH iblis, jin, dan  dapat di tangkap dan di masukan ke dalam botol seperti pada acara-acara mistik di televisi seperti pemburu hantu?(Foto: Freepik/Ilustrasi)

BENARKAH iblis, jin, dan  dapat di tangkap dan di masukan ke dalam botol seperti pada acara-acara mistik di televisi seperti pemburu hantu? Bukankah iblis dan sekutunya merupakan makhluk yang bisa menembus dimensi ruang dan waktu sebagaimana malaikat. 

Pertanyaan ini muncul dalam sebuah majelis kajian oleh salah seorang jamaah. Lantas bagaimana menjelaskannya?

Dewan Pembina Yayasan Risalah Islam Ustadz Dr. Musyaffa Ad Dariny, MA tegas menjawab agar tidak usah percaya kata-kata dukun, dan kawan kawan. 

"Karena Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam telah bersabda bahwa mereka itu mencampur satu berita yang benar dengan 100 kedustaan.Maksud beliau, mereka itu pendusta, sehingga tidak usah dipercaya," ujarnya.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا قَضَى اللَّهُ الأَمْرَ فِى السَّمَاءِ ضَرَبَتِ الْمَلاَئِكَةُ بِأَجْنِحَتِهَا خُضْعَانًا لِقَوْلِهِ كَأَنَّهُ سِلْسِلَةٌ عَلَى صَفْوَانٍ فَإِذَا فُزِّعَ عَنْ قُلُوبِهِمْ قَالُوا مَاذَا قَالَ رَبُّكُمْ ، قَالُوا لِلَّذِى قَالَ الْحَقَّ وَهُوَ الْعَلِىُّ الْكَبِيرُ فَيَسْمَعُهَا مُسْتَرِقُ السَّمْعِ ، وَمُسْتَرِقُ السَّمْعِ هَكَذَا بَعْضُهُ فَوْقَ بَعْضٍ –  وَوَصَفَ سُفْيَانُ بِكَفِّهِ فَحَرَفَهَا وَبَدَّدَ بَيْنَ أَصَابِعِهِ – فَيَسْمَعُ الْكَلِمَةَ ، فَيُلْقِيهَا إِلَى مَنْ تَحْتَهُ ثُمَّ يُلْقِيهَا الآخَرُ إِلَى مَنْ تَحْتَهُ ، حَتَّى يُلْقِيَهَا عَلَى لِسَانِ السَّاحِرِ أَوِ الْكَاهِنِ ، فَرُبَّمَا أَدْرَكَ الشِّهَابُ قَبْلَ أَنْ يُلْقِيَهَا ، وَرُبَّمَا أَلْقَاهَا قَبْلَ أَنْ يُدْرِكَهُ ، فَيَكْذِبُ مَعَهَا مِائَةَ كَذْبَةٍ ، فَيُقَالُ أَلَيْسَ قَدْ قَالَ لَنَا يَوْمَ كَذَا وَكَذَا كَذَا وَكَذَا فَيُصَدَّقُ بِتِلْكَ الْكَلِمَةِ الَّتِى سَمِعَ مِنَ السَّمَاءِ

“Ketika Allah menetapkan suatu urusan di langit, malaikat lantas meletakkan sayapnya dalam rangka tunduk pada perintah Allah.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut