Ini Alasan Indonesia Stop Kirim Pekerja Migran ke Malaysia

Ikhsan Permana, Jurnalis
.
Senin, 25 Juli 2022 | 21:53 WIB
Indonesia stop kirim PMI ke Malaysia (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia hentikan mengirim pekerja migran Indonesia (PMI) ke Malaysia. Hal itu pun dikonfirmasi Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia, Harmono menjelaskan Malaysia masih belum melaksanakan beberapa kesepakatan yang dituangkan pada memorandum of understanding (MoU) yang sudah ditandatangani.

Salah satunya ialah mengenai praktek konversi visa dari visa turis menjadi visa kerja melalui sistem maid online yang sangat beresiko dan rentan untuk pekerja migran Indonesia (PMI) yang menyebabkan pemerintah Indonesia tidak memiliki informasi terkait data PMI yang masuk.

"Kita tidak tahu siapa majikannya, kita tidak tahu bagaimana kontraknya, kita tidak tahu siapa PMI kita yang datang ke sini, intinya kita gelap sama sekali," kata Hermono dalam program Market Review di IDX Channel, Selasa (19/7/2022).

Hermono menuturkan Malaysia sudah sepakat untuk menandatangani MoU di hadapan dua kepala pemerintahan dan mestinya MoU itu harus dihormati dan dilaksanakan.

Namun, dari hari pertama MoU itu ditandatangani, imigrasi Malaysia terus menggunakan proses konversi visa dari visa turis menjadi visa kerja menggunakan platform sistem maid online.

"Ini yang menjadi permasalahan yang melatar belakangi kenapa kita mengambil kebijakan yang cukup drastis," tegasnya.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini