get app
inews
Aa Read Next : Masya Allah! Berteman dengan Muslim, Bocah 9 Tahun asal Amerika Ini Mantap Jadi Mualaf

Selain Amerika Serikat, Ini Daftar 10 Negara dengan Produksi Keju Terbesar di Dunia

Rabu, 27 Juli 2022 | 06:00 WIB
header img
Negara Penghasil Keju Terbesar. (Foto:Travelleisure)

Sudah bukan rahasia umum, Belanda merupakan negara penghasil keju. Produksi mereka sebanyak 919.000 ton per tahunnya. Bahkan di negara ini terdapat jenis keju tua yang usianya mencapai ratusan tahun lamanya. 

Selain itu, keju yang diproduksi di Belanda kebanyakan adalah jenis keju klasik yang proses pembuatannya secara tradisional dan diwariskan secara turun temurun.

5. Rusia

Sebagai salah satu negara adidaya, Rusia merupakan negara produsen keju terbesar di dunia. Negara ini dapat menghasilkan keju sekitar 970.000 ton per tahunnya. 

Rusia memiliki budaya pengolahan susu yang cukup populer di dunia. Jenis keju di Rusia sangat bervariasi dan kebanyakan adalah keju klasik yang resepnya diturunkan secara turun temurun. Salah satu keju yang populer dari Rusia adalah keju sosis.

4. Italia 

Selain dikenal sebagai negara pizza dan pasta. Italia juga dikenal sebagai negara produsen keju. Setiap tahunnya, Italia bisa menghasilkan keju sebanyak 1.310.000 ton. 

Keju di Italia memang banyak digunakan pada berbagai macam kuliner tradisional sehingga ada banyak industri pembuatan keju di negara ini.

3. Perancis 

Sebagai negara ketiga 

adalah negara ketiga penghasil keju terbesar di dunia.Negara ini dapat menghasilkan keju sebanyak 1.919.000 ton per tahunnya. Melebihi Jerman, Perancis ini punya setidaknya 1000 jenis keju dari berbagai macam susu, mulai dari susu sapi hingga domba. 

Keju-keju di Perancis kebanyakan adalah keju klasik yang dibuat dengan cara tradisional. Masyarakat Perancis sangat suka menyantap keju sebagai teman cemilan saat minum wine.

2. Jerman

Selain Belanda, Jerman menjadi penghasil keju terbesar di dunia yang kedua adalah Jerman. Mereka mampu menghasilkan keju 2.270.000 ton per tahunnya. 

Setidaknya 600 jenis keju yang dibuat di Jerman. Mulai dari keju klasik atau tradisional hingga keju hasil modifikasi. Jerman dinilai punya iklim yang sangat cocok untuk budidaya keju. 

1. Amerika Serikat

Negara dengan produksi keju terbesar pertama yaitu Amerika Serikat. Negara ini bisa menghasilkan keju sebesar 5.950.000 ton. Hal ini karenakan Amerika punya dua negara bagian yang memproduksi banyak susu yakni Wisconsin dan California. 

Sayangnya jenis keju yang diproduksi di Indonesia adalah keju industri, bukan keju klasik atau tradisional.

Itulah 10 negara dengan produksi keju terbesar yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut