get app
inews
Aa Read Next : Razia di Lapas Cikarang, Petugas Temukan Senjata Tajam hingga Korek Gas

Dinkes Ungkap Puluhan Ribu Dosis Vaksin Covid-19 di Bekasi akan Kadaluwarsa Awal Agustus

Kamis, 28 Juli 2022 | 14:43 WIB
header img
akan kedaluwarsa pada awal Agustus mendatang. (Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews)

BEKASI, iNewsBekasi.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi membeberkan puluhan ribu dosis vaksin Covid-19 di wilayahnya bakal kadaluwarsa di awal Agustus ini. Vaksin tersebut pun diantaranya ialah Sinovac, Covovac dan AstraZeneca.

Kepala UPTD Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Bayu Biharussyfa menjelaskan puluhan ribu dosis vaksin Covid-19 merek Sinovac yang disimpan pihaknya, sebentar lagi memasuki masa kedaluwarsa.

”Stok vaksin Sinovac masih ada 21.834 dosis, tapi kedaluarsanya tanggal 1 Agustus,” ujar Bayu, Selasa (27/8/2022).

Meski vaksin yang diproduksi oleh negara Cina itu, masih tersedia dengan jumlah yang banyak, namun tak akan bisa digunakan oleh masyarakat. 

Pihaknya sudah berkomunikasi denan Pemprov Jabar untuk melakukan penjemputan vaksin jelang habisnya tenggat penggunaan vaksin tersebut.”Vaksin yang habis masa penggunaannya sudah didata, tinggal menunggu dijemput oleh Bio Farma melalui Dinkes Provinsi Jawa Barat,” ucapnya.

Vaksin Covid-19 merek lain yang juga akan memasuki masa kedaluwarsa yakni Covovax, dengan batas waktu penggunaan hingga Minggu (31/7/2022) mendatang. ”Kalau Covovax masih ada sekitar 36.820 dosis,” tutur Bayu.

Selain itu, terdapat vaksin AstraZeneca berjumlah 3.330 dosis yang tenggat waktu penggunaannya akan habis pada Jumat (12/8/2022) mendatang.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Masrikoh mengatakan masih banyak masyarakat yang memilih-milih jenis vaksin Covid-19. Sehingga vaksin menumpuk di UPTD Farmasi.

Padahal, Masrikoh mengatakan vaksin Sinovac kini bisa digunakan untuk vaksinasi dosis penguat, meski ia mengakui terdapat keterlambatan mengenai informasi tersebut.

”Awalnya Sinovac enggak boleh buat booster, khusus untuk dosis satu dan dua saja. Itu juga jadi salah satu faktor sampai menumpuk di gudang penyimpanan. Tapi sekarang Sinovac sudah boleh buat booster,” tuturnya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut