get app
inews
Aa Read Next : Jakarta Banjir dan Macet Total, Sahroni Sentil Pj Gubernur DKI Heru Budi

5 Kota Pendidikan di Indonesia, Nomor 5 Paling Diminati

Minggu, 07 Agustus 2022 | 20:31 WIB
header img
5 Kota Pendidikan di Indonesia, Nomor 5 Paling Diminati. (Foto: Travel Indonesia)

JAKARTA - Keberhasilan Pendidikan merupakan dasar dari kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan yang mudah dan juga berkualitas.

Dengan kesadaran tersebut yang membuat sebagian dari kita memilih dan memikirkan dengan baiik mengenai kelanjutan pendidikan untuk merancang masa depan.

Terdapat sejumlah kota di Indonesia yang dijuluki sebagai kota pendidikan.

Berikut 5 beberapa kota yang dikenal sebagai kota pendidikan.

1. Solo

Kota pendidikan pertama adalah Solo. Dibandingkan dengan kota lainnya, Solo termasuk kota dengan biaya hidup yang murah. Hal ini tentu menjadi incaran para pelajar yang merantau.

Selain biaya hidupnya yang murah, perguruan tinggi di Solo atau kerap disebut Surakarta juga merupakan kota yang memiliki kualitas yang baik dalam dunia pendidikan.

Di antaranya ada Universitas Sebelas Maret Surakarta, Institut Seni Indonesia Surakarta, Universitas Islam Batik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Surakarta, dan lain sebagainya.

2. Bandung

Kota pendidikan selanjutnya adalah Kota Bandung. Dikutip dari Sindonews, Bandung menempati peringkat 120 dunia sebagai kota pelajar terbaik di dunia dengan total skor 39,4.

Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS) pada tahun 2022.

Kota Bandung berhasil menduduki posisi tersebut karena berhasil memenuhi kriteria, yakni jumlah penduduk kota paling sedikit 250 ribu jiwa dan memiliki dua universitas terbaik yang masuk dalam pemeringkatan QS World University terbaru.

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan data bahwa Kota Bandung memiliki jumlah penduduk sejumlah 2,53 juta jiwa pada tahun 2021.

Di kota ini terdapat perguruan tinggi unggulan di Indonesia, di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Telkom, Universitas dan Katolik Parahyangan.

3. Jakarta

Tak hanya Bandung, Jakarta juga masuk ke dalam pemeringkatan kota pelajar terbaik di dunia versi QS 2022.

Jakarta menempati peringkat 124 dunia dengan total skor sebesar 37,5. Jakarta memiliki jumlah penduduk sebesar 10.609.681 jiwa menurut data Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta tahun 2021.

Sementara universitas atau perguruan tinggi di Jakarta banyak jumlahnya. Beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia terletak di Jakarta, yaitu Universitas Negeri Jakarta, Universitas Trisakti, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Nasional, dan lain sebagainya.

4. Malang

Kota Malang dikenal pula sebagai kota pusat pendidikan di Provinsi Jawa Timur. Julukan Kota Pendidikan sudah melekat pada kota ini sejak pemerintahan Hindia Belanda.

Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa lembaga pendidikan yang didirikan di Malang sejak zaman tersebut.

Pada tahun 2020, tercatat oleh Badan Pusat Statistik Kota Malang, terdapat 32 kampus di kota ini.

Adapun kampus-kampus tersebut adalah Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, dan lain-lain.

Kampus tersebut memiliki fasilitas dan juga pilihan jurusan yang beragam.

5. Yogyakarta

Selanjutnya adalah Yogyakarta, sudah tak heran bahwa kota yang satu ini memiliki julukan sebagai Kota Pelajar. Maka tidaklah heran jika banyak pelajar dari seluruh Indonesia yang ingin menimba ilmu di kota ini.

Julukan Kota Pelajar diberikan kepada Yogyakarta lantaran di kota ini terdapat banyak simbol pendidikan.

Selain itu, fasilitas pendidikan yang ada di kota ini dapat dikatakan sudah lengkap dan memiliki banyak pilihan.

Pada jenjang perguruan tinggi, ada beberapa kampus ternama Indonesia yang terletak di kota ini.

Di antaranya adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut