get app
inews
Aa Read Next : Wartawan TV Swasta Dijambret di Depan Hotel di Kawasan Cempaka Putih

Cerita Heroik Soegiarin, Sang Wartawan Penyebar Kabar Kemerdekaan RI ke Penjuru Dunia

Rabu, 17 Agustus 2022 | 08:00 WIB
header img
Soegiarno mengenang Soegiarin penyebar pertama kabar proklamasi kemerdekaan RI. (Foto Dok Pribadi)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Nama Soegiarin memang tidak setenar pahlawan-pahlawan lainnya di catatan sejarah bangsa Indonesia. Akan tetapi, sosok dan kiprah Soegiarin sangat berjasa dalam mengabarkan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke penjuru dunia.

Soegiarin sendiir adalah penyebar pertama kabar Proklamasi Kemerdekaan RI usai pembacaan naskah proklamasi oleh Soekarno-Hatta di Jakarta.

Dia menyampaikan berita melalui mesin komunikasi sandi morse mengabarkan bahwa Indonesia sudah merdeka ke berbagai negara.

Pria kelahiran Grobogan 13 Juli 1918 adalah wartawan Kantor Berita Domei di bawah pimpinan Adam Malik. Atas perintah Adam Malik lah, Soegiarin memberitakan kabar kemerdekaan Indonesia melalui mesin komunikasi sandi morse.

“Mas Rin (Soegiarin) waktu itu menjadi wartawan Kantor Berita Domei di bawah pimpinan Adam Malik. Atas perintahnya, Mas Rin memberitakan kabar kemerdekaan Indonesia melalui mesin komunikasi sandi morse,” kata Soegiarno (92) adik kandung Soegiarin.

Dia mengungkapkan bahwa Soegiarin yang berlatar belakang sekolah pelayaran Belanda mampu mempelajari komunikasi morse sejak sekolah di Surabaya. Begitu pula pengalaman jurnalistiknya diperoleh saat bergabung dengan media cetak berbahasa Belanda di Surabaya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut