get app
inews
Aa Read Next : Jumat Berkah Baca Surat Al Kahfi, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya di Alquran Digital Okezone

Surat Al-Kahfi 110 Ayat, Apakah Boleh Dicicil Membacanya pada Hari Jumat

Kamis, 11 November 2021 | 22:17 WIB
header img
Surat Al-Kahfi dibaca pada malam atau hari Jumat mempunyai keutamaan sungguh luar biasa. (Foto: Freepik)

SURAT Al-Kahfi adalah surat ke-18 dan terdiri dari atas 110 ayat. Sementara juz 15 dimulai dari ayat 1-74. Sedangkan Juz 16 dari ayat 75-110. Ayat dalam Surat Al-Kahfi memang cukup panjang, 110 ayat.

Pada Hari Jumat disunahkan dan dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi. Namun dengan ayat yang cukup panjang tadi maka apakah boleh dicicil membacanya hingga tuntas. 

Jika pun bolah dicicil membacanya hingga tuntas lantas bagaimana pengaturannya? Dalam hadis-hadis  memang tidak dijelaskan baca Al-Kahfi harus sekali duduk atau dibaca habis dalam satu kali waktu.


Surah Al-Kahfi.(Foto:Ist)

Dijelaskan dalam Fatawa Syabakah Islamiyyah, hadis-hadis tentang anjuran membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, tidak menunjukkan harus dibaca rampung sekali duduk. Artinya, membaca surat Al-Kafhi boleh saja dicicil, asalkan selama masih di hari Jumat. Waktunya bisa kapan saja atau dicicll tapi masih masuk hari Jum'at, maka Insya Allah kita telah menunaikan perintah di hadis itu.

Dalam Fatawa Syabakah Islamiyyah, amalan membaca Al-Kahfi di hari Jum'at boleh dicicil, karena yang dituju adalah membaca seluruh surat Al Kahfi di hari yang telah dikhususkan tersebut. Bahkan kalau seorang membacanya dalam sholat, juga diperbolehkan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut