get app
inews
Aa Read Next : Tragedi Kanjuruhan, 20 Polisi Langgar Etik: 6 dari Polres Malang, 14 Brimob

Jenderal Anton Soedjarwo Komandan Pertama Ranger Brimob yang Disegani LB Moerdani 

Minggu, 14 November 2021 | 09:01 WIB
header img
JENDERAL Anton Soedjarwo saat menjadi Komandan Korps Brimob Polri. (Foto: Ist)

JENDERAL Anton Soedjarwo punya andil besar terhadap kehebatan Brimob atau Brigade Mobil menjadi pasukan elite Polri keberadaannya sudah terbentuk sejak sebelum kemerdekaan. 

Saat itu, Brimob merupakan bagian dari Tokubetsu Keisatsu Kai. Baru setelah Indonesia merdeka, Brimob perlahan mulai aktif sejak tanggal 14 November 1945. 

Brimob sendiri ditugaskan menjaga keamanan dalam negeri dari ancaman kejahatan yang berintensitas tinggi. Keberhasilan Korps Brimob Polri dalam menanggulangi ancaman Kamtibmas di Indonesia, tidak terlepas adanya dukungan dari masyarakat bangsa dan negara yang menginginkan rasa aman dan nyaman tercipta di negeri ini.

Salah satu Komandan Korps Brimob yang disegani bukan hanya di kalangan Polri tetapi juga TNI adalah Jenderal Pol Anton Soedjarwo. Dia menjabat Komandan Korps Brimob pada 1974.  Di jajaran TNI pun Jenderal Anton Soedjarwo sangat dihormati. 

Kharisma Jenderal Anton Soedjarwo juga dihormati  Jenderal LB. Moerdani. Saat menjadi Panglima ABRI, LB Moerdani menghendaki agar kesatuan Brimob masuk menjadi bagian dari TNI AD, karena kualifikasinya sama dengan prajurit infanteri. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut