get app
inews
Aa
Read Next : Sering Minum Air Dingin Bisa Bikin Ginjal Rusak, Mitos atau Fakta?

Jangan Sepelekan Gejala Batu Ginjal, Berikut Cara Antisipasinya 

Selasa, 16 November 2021 | 16:35 WIB
header img
Jangan menyepelekan penyakit  batu ginjal (nefrolitiasis) karena akibatnya bisa fatal. Batu ginjal yang tidak ditangani akan menjadi masalah. (Foto: Ndtv)

MAKASSAR,iNews.id -  Jangan menyepelekan penyakit  batu ginjal atau nefrolitiasis karena akibatnya bisa fatal. Batu ginjal yang tidak ditangani akan menjadi masalah  di usia 30 hingga 60 tahun pada wanita dan pria. Faktor resiko batu ginjal sangat dipengaruhi gaya hidup dan jenis makanan. 

Dokter spesialis Urologi dari Siloam Hospitals Makassar, Dr.dr Syarif Sp.U (K), mengatakan akan masalah kesehatan dan berbagai bahaya batu ginjal yang tidak ditangani, mungkin terjadi penurunan fungsi ginjal, sehingga sulit mengatur tekanan darah dan regulasi cairan pada tubuh.

Jenis makanan yang tersedia di sekitar wilayah Indonesia banyak yang mengandung purin yaitu zat makanan sebagai penyebab awal keluhan asam urat.

"Kadar asam urat yg tinggi akan menjadi resiko timbulnya batu di saluran kencing," sebut dokter Syarif pada edukasi yang disampaikannya.

Adapun gangguan batu ginjal dapat terjadi di bagian ginjal, saluran atas atau bawah dan kandung kemih. Gejala batu ginjal ini diawali dengan sakit pinggang dengan nyeri yang hebat diiringi komplikasi seperti urine berdarah, berpasir maupun keluar batu.

Dr.dr Syarif Sp.U., yang berpraktek tetap di Siloam Hospitals Makassar menjelaskan, deteksi dini atau pemeriksaan awal keluhan batu ginjal dapat dilakukan melalui CT scan Urografi

"Melalui CT Scan Urografi yang dimiliki Siloam Hospitals, pemeriksaan mendeteksi batu ginjal di saluran urine dapat segera diketahui hasilnya," tutur Syarif. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut