get app
inews
Aa Read Next : Alami Gangguan Kamtibmas, Kapolsek Cikarang Barat Sebar Nomor Hotline Kepolisian

Swab Dikuasai Asing, Buruh Pabrik Alat Kesehatan di Bekasi Menjerit Kehilangan Pekerjaan

Kamis, 18 November 2021 | 13:38 WIB
header img
Buruh pabrik produsen alat kesehatan menggelar demo di PT Sri Tita Medika, Desa Hegarmukti, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Kamis (18/11/2021). (Foto: SINDOnews/Abdullah M Surjaya)

BEKASI, iNews.id- Alat swab antigen dikuasai produk asing membuat para buruh pabrik alat kesehatan di Bekasi menjerit kehilangan pekerjaan. Lesunya produk alat kesehatan dalam negeri menjadikan buruh pabrik pembuatan alat kesehatan kehilangan pekerjaan.

Hal ini pun terjadi di salah satu pabrik produsen alat kesehatan di Kabupaten Bekasi. Lantaran dirumahkan, karyawan menggelar demo di depan tempat kerja mereka di PT Sri Tita Medika, Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Kamis (18/11/2021).

Mereka menyuarakan aspirasi soal kesejahteraan selama bekerja yang semakin memburuk. Terlebih beberapa di antaranya dirumahkan tanpa pernah dipanggil kembali.

"Kami mohon manajemen perusahaan untuk memerhatikan nasib kami ke depannya dan juga teman-teman kami yang sudah dirumahkan," ucap Owi Indra, perwakilan buruh.

Dari hasil perundingan dengan pihak manajemen, kondisi perusahaan tengah lesu. Kendati di tengah pandemi persoalan kesehatan sangat diprioritaskan, tetapi pabrik pembuatan peralatan kesehatan ini justru kekurangan pesanan.

"Memang sekarang banyak produk yang dipakainya itu yang impor padahal kan di kami ada. Kami berharap Presiden Jokowi mendengar supaya bisa mengutamakan produksi alat kesehatan dalam negeri ketimbang alat kesehatan impor," kata Owi.

Manajemen PT Sri Tita Medika tak memungkiri perusahaannya sedang terpuruk menyusul sulitnya pendistribusian alat kesehatan. Produksi alat swab dalam negeri tidak dipakai karena lebih banyak impor.

"Perusahaan sedang berusaha mendapatkan pasar untuk dipasok. Tapi, kondisinya saat ini banyak produk yang malah dari luar negeri sedangkan produk dalam negeri justru tidak dipakai padahal secara kualitas kami lebih baik dan harganya lebih terjangkau," ujar General Manager PT Sri Tita Medika Heru Purnomo.

Dia menyayangkan banyak pihak yang lebih memilih menggunakan produk impor untuk kebutuhan tes PCR maupun antigen. Bahkan, alat impor tersebut dipakai BUMN yang bergerak di bidang transportasi seperti di stasiun dan bandara. Padahal, seharusnya perusahaan pelat merah mendukung penggunaan produk dalam negeri.

Perusahaannya sudah bergerak di bidang alat kesehatan sejak sebelum pandemi. Lalu, saat Covid-19 melanda Indonesia, pihaknya turut memproduksi kebutuhan kesehatan lainnya di antaranya masker dan stik swab.

Secara kemampuan, pihaknya dapat memproduksi alat swab hingga 25 juta per bulan. Namun, kenyataannya permintaan di lapangan jauh di bawah itu. Dari 5 juta alat yang diproduksi, hanya ratusan ribu hingga satu juta alat saja yang berhasil terdistribusi.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut